Sejak Grand Launching kampanye Ayo Hijrah yang telah dilangsungkan pada 8 Oktober 2018 yang lalu, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. lebih aktif dalam mengajak masyarakat untuk berhijrah, khususnya dalam hal layanan perbankan. Berikut informasi lengkap mengenai kampanye Ayo Hijrah tersebut.
#AyoHijrah
Frequently Asked Question
1. Latar belakang #AyoHijrah
Bank Muamalat Indonesia sebagai bank pertama murni syariah di Indonesia mencoba memperluas fungsi, dari yang sebatas penyedia layanan perbankan syariah, menjadi agen penggerak semangat umat untuk terus-menerus meningkatkan diri ke arah ajaran Islam yang baik, sempurna dan menyeluruh (kaffah). Jadi tidak hanya berhijrah secara ibadah, tapi juga dalam hal mengelola keuangan.
2. Apakah yang dimaksud dengan #AyoHijrah?
Sesuai dengan arti dari Hijrah yang bermakna untuk “lebih baik” maka #AyoHijrah adalah gerakan yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama selalu meningkatkan diri ke arah yang lebih baik dalam segala hal. Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan kita dengan Sang Pencipta, tapi juga merupakan jalan hidup (way of life) sehingga #AyoHijrah juga mengajak untuk menjalani hidup sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.
Demikian pula melalui #AyoHijrah ini Bank Muamalat mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan (pengelolaan keuangan) dengan memanfaatkan layanan perbankan Syariah untuk hidup yang lebih berkah.
3. Tujuan gerakan #AyoHijrah
Dengan #AyoHijrah diharapkan ada peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi, untuk semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah. Cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.
4. Apa bentuk gerakan #AyoHijrah?
Secara umum gerakan #AyoHijrah dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya mulai berpindah menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tenang dan berkah.
Kegiatan-kegiatannya antara lain namun tidak terbatas pada bentuk sebagai berikut:
- Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah
- Open booth di pusat kegiatan masyarat
- Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama
- Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah
5. Mengapa masyarakat Indonesia harus Hijrah ke Bank Muamalat?
- Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.
- Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.
- Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
- Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.
6. Sejalan dengan #AyoHijrah ini, produk Bank Muamalat juga berubah nama, apa saja?
Untuk memberikan layanan yang lebih berkah untuk nasabah dan masyarakat maka produk Bank Muamalat kami berikan nama baru sebagai berikut :
- Tabungan iB Hijrah
- Tabungan iB Hijrah Haji
- Tabungan iB Hijrah Rencana
- Tabungan iB Hijrah Prima
- Tabungan iB Hijrah Prima Berhadiah
- Deposito iB Hijrah
- Giro iB Hijrah
- Pembiayaan Rumah iB Hijrah (KPR IB Hijrah)
7. Apa yang hendak dicapai Bank Muamalat dari gerakan #AyoHijrah?
Kami bercita-cita menjadikan Bank Muamalat sebagai pusat dari Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.
8. Di mana masyarakat bisa mempelajari gerakan #AyoHijrah beserta produk dan program Bank Muamalat?
Masyarakat bisa mendalami semangat #AyoHijrah yang dicetuskan Bank Muamalat melalui media sosial resmi kami di :
- Facebook : BankMuamalatIndonesia
- Instagram : Bank.Muamalat
- Twitter : BankMuamalat
- Youtube : Bank Muamalat
- Website : www.bankmuamalat.co.id