Kebijakan Privasi
Pendahuluan
Dengan diterbitkannya Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (“UU PDP”), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat”) sepenuhnya menyadari bahwa Data Pribadi (privasi) merupakan aset terpenting bagi Anda. Sehingga dalam rangka menjalankan UU PDP serta meningkatkan layanan kepada Anda, khususnya terkait Pelindungan Data Pribadi dalam penggunaan layanan produk dan/atau jasa perbankan syariah, Bank Muamalat berkomitmen untuk melindungi dan menjaga informasi/data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik sesuai dengan UU PDP dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Adapun komitmen Pelindungan Data Pribadi (privasi) diatur dan ditetapkan oleh Bank Muamalat melalui Kebijakan Privasi ini. Kebijakan Privasi ini dijadikan standar dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Ruang Lingkup Data Pribadi
Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik. Data Pribadi yang dikumpulkan oleh Bank Muamalat sehubungan dengan penyediaan produk dan jasa/layanan, meliputi Data Pribadi yang bersifat spesifik atau Data Pribadi yang bersifat Umum.
1. Data Pribadi yang bersifat spesifik
Data Pribadi yang bersifat spesifik, antara lain:
a. | Data Biometrik yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu seperti gambar wajah, sidik jari dan rekaman suara; |
b. | Data Keuangan Pribadi, seperti data tabungan, deposito, giro dan pembiayaan; |
c. | Data Anak, seperti yang ada pada pembukaan rekening anak; |
d. | Data Lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. |
Data Pribadi yang bersifat umum, antara lain:
a. | Nama Lengkap; |
b. | Jenis Kelamin; |
c. | Kewarganegaraan; |
d. | Agama; |
e. | Status Pernikahan; |
f. | Alamat; |
g. | Tempat dan tanggal lahir; |
h. | Nama Gadis Ibu Kandung; |
i. | Pekerjaan; |
j. | Data Pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang, antara lain nomor handphone dan IP Address. |
Legalitas Pemrosesan
Pemrosesan Data Pribadi yang dilakukan sepanjang Bank Muamalat telah memenuhi satu atau beberapa dasar pemrosesan sebagai berikut:
- Bank Muamalat telah memperoleh persetujuan yang sah secara eksplisit dari Anda untuk melakukan 1 (satu) atau beberapa tujuan tertentu yang telah disampaikan oleh Bank Muamalat kepada Anda;
- Bank Muamalat menjalankan Hak dan Kewajibannya berdasarkan perjanjian dengan Anda;
- Bank Muamalat perlu melaksanakan kewenangan atau memenuhi kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan / perintah instansi yang berwenang;
- Bank Muamalat perlu untuk memenuhi kepentingan vital Anda;
- Bank Muamalat perlu untuk melaksanakan tugas dalam rangka kepentingan umum dan/atau pelayanan publik;
- Bank Muamalat perlu memenuhi kepentingan yang sah lainnya, dengan tetap memperhatikan keseimbangan antara kepentingan Bank Muamalat dengan hak-hak Anda.
Tujuan Bank Muamalat Melakukan Pemrosesan Data Pribadi
- Bank Muamalat akan melakukan pemrosesan atas Data Pribadi yang diperoleh maupun dikumpulkan untuk tujuan sebagai berikut:
a. Penyediaan layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank Muamalat bagi Nasabah; b. Menjalankan prinsip Know Your Customer (KYC); c. Menjalankan Prinsip Customer Due Dilligent (CDD) sesuai dengan ketentuan yang berlaku; d. Memberikan personalisasi layanan produk dan/atau jasa perbankan yang Bank Muamalat sediakan untuk Anda; e. Kepatuhan terhadap ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (APU – PPT dan PPPSPM); f. Menyelesaikan setiap permasalahan terkait akses Anda terhadap layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank Muamalat; g. Menindaklanjuti setiap keluhan atas layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank Muamalat atau pihak lain yang bekerja sama dengan Bank Muamalat; h. Evaluasi, peningkatan, dan/atau pembaruan fitur layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank Muamalat; i. Penawaran iklan/promosi maupun pemasaran atas layanan produk dan/atau jasa perbankan Bank Muamalat atau pihak lain yang bekerja sama dengan Bank Muamalat dan penyelenggaraan Loyalty Program berupa Undian, Gift, dan lainnya; j. Tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan atau diwajibkan oleh ketentuan hukum yang berlaku. - Kami dapat merekam dan menelusuri interaksi Anda dengan Bank Muamalat, termasuk melalui aplikasi, situs web, panggilan telepon, surat elektronik dan non elektronik, dalam suatu pertemuan langsung, dan/atau jenis atau media komunikasi lain. Bank Muamalat dapat menggunakan catatan ini untuk memeriksa instruksi Anda kepada kami, menilai, menganalisis, dan meningkatkan layanan kami, melatih Karyawan Bank Muamalat, mengelola risiko atau untuk tujuan lain.
- Bank Muamalat dapat mengumpulkan foto, video, atau rekaman suara Anda, melalui kamera pengawas/Closed Circuit Television (CCTV) termasuk namun tidak terbatas di dalam dan di sekitar kantor kami, maupun di sekitar mesin ATM kami untuk tujuan keamanan.
- Bank Muamalat menggunakan “cookies” atau fitur lainnya dari waktu ke waktu agar memudahkan Bank Muamalat atau pihak ketiga untuk mengumpulkan informasi pengguna situs web Bank Muamalat, seperti menyimpan preferensi pengguna dan merekam informasi sesi atau berbagai informasi lain yang akan membantu Bank Muamalat memberikan layanan lebih personal kepada Anda.“Cookies” adalah berkas file (teks) berukuran kecil yang dapat dikirimkan situs web ke browser Anda yang menyimpan informasi tertentu pada sistem Anda. Anda dapat menyesuaikan pengaturan pada browser Anda sehingga Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika Anda menerima “cookies”. Anda dapat setiap saat menonaktifkan“cookies” dengan mengubah peraturan pada browser Anda. Namun dengan menonaktifkan “cookies”, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fungsi-fungsi tertentu atau mengakses bagian-bagian tertentu dari situs website kami.
- Bank Muamalat menggunakan Data Pribadi Anda untuk mempersonalisasikan pemasaran produk dan layanan Bank Muamalat kepada Anda, sehingga Anda akan diberitahukan mengenai acara serta penawaran promosi produk dan layanan yang mungkin menarik bagi Anda. Anda dapat memberitahukan kepada Bank Muamalat setiap saat apabila Anda tidak ingin menerima informasi pemasaran tersebut melalui kantor layanan Bank Muamalat yang terdekat.
Pengendalian dan Transfer Data Pribadi
Dalam memproses Data Pribadi Anda, Bank Muamalat dapat melibatkan pihak ketiga sebagai Pengendali Data Pribadi bersama dan/atau Prosesor Data Pribadi dalam rangka melaksanakan pemrosesan Data Pribadi Anda baik di dalam dan/atau di luar Indonesia. Dalam hal demikian, Bank Muamalat akan melakukan pelindungan atas Data Pribadi Anda sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Jika Bank Muamalat melakukan transfer Data Pribadi Anda ke luar Indonesia, Bank Muamalat wajib memastikan sesuai peraturan perundang-undangan bahwa negara tujuan transfer telah memiliki tingkat Pelindungan Data Pribadi yang setara (atau lebih tinggi) dibandingkan Pelindungan Data Pribadi di Indonesia.
Dalam hal negara tujuan transfer Data Pribadi tidak memiliki tingkat pelindungan yang setara (atau lebih tinggi), maka Bank Muamalat selaku Pengendali Data Pribadi wajib memastikan terdapat Pelindungan Data Pribadi yang memadai dan bersifat mengikat sebagaimana yang diatur pada peraturan perundang-undangan.
Bagaimana Bank Muamalat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi?
Bank Muamalat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi melalui berbagai sarana dan aktivitas antara lain:
1. |
Formulir Aplikasi, Mobile Banking Muamalat (Muamalat DIN), dan Website
Bank Muamalat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi dari perangkat yang Anda gunakan pada saat mengakses website atau Aplikasi Mobile Banking Muamalat (Muamalat DIN) dan dari permohonan layanan yang Anda ajukan dengan mengisi Formulir Pembukaan Rekening, Formulir Aplikasi Pembiayaan, melengkapi data permohonan melalui website atau Aplikasi Mobile Banking (Muamalat DIN) dan media lainnya yang disediakan oleh Bank Muamalat maupun pihak yang bekerja sama dengan Bank Muamalat.
|
||||||||
2. |
SalaMuamalat
Bank Muamalat dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi saat Anda melakukan komunikasi dan interaksi dengan Bank Muamalat, pada saat Anda menghubungi Layanan SalaMuamalat, SALMA via Chat Whatsapp ataupun Website.
|
||||||||
3. |
Aktivitas Transaksi
Bank Muamalat mengumpulkan informasi atas transaksi Anda pada saat Anda melakukan transaksi perbankan baik secara langsung melalui kantor layanan Bank Muamalat maupun melalui Mobile Banking Muamalat (Muamalat DIN) atau Internet Banking Muamalat.
|
||||||||
4.
|
Bank Muamalat dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda melalui Website dan Platform Media Sosial resmi Bank yang Anda akses, seperti:
|
||||||||
5.
|
Lokasi Fisik
Bank Muamalat dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda baik secara langsung maupun tidak langsung pada saat Anda mengunjungi kantor Pusat, Kantor Layanan, atau Pameran dan event yang diadakan oleh Bank Muamalat.
|
||||||||
6.
|
Afiliasi dan Pihak Ketiga
Bank Muamalat dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda melalui pihak-pihak yang bekerja sama dengan Bank Muamalat.
|
Pengungkapan Data Pribadi
Bank Muamalat dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak yang bekerja sama dengan Bank Muamalat, baik yang berlokasi di Indonesia atau negara lain, untuk melaksanakan tujuan pemrosesan Data Pribadi, antara lain:
- Bank Muamalat dapat membagikan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga yang sudah bekerja sama dengan Bank Muamalat, yang mungkin berlokasi di negara Anda dan/atau negara lain.
- Bank Muamalat dapat membagikan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga yang diizinkan oleh hukum, yang digunakan dan diungkapkan untuk mematuhi persyaratan dan kewajiban hukum, termasuk untuk penegakan hukum nasional dan internasional, peraturan pemerintahan atau otoritas hukum atau untuk memenuhi kewajiban lain yang harus dipenuhi oleh kami atau penerima Data Pribadi Anda. Hal ini dapat termasuk menggunakan informasi untuk membantu mendeteksi atau mencegah kejahatan, termasuk namun tidak terbatas pada pendanaan terorisme, pencucian uang, dan kejahatan keuangan lainnya, dan untuk keperluan perpajakan.
- Bank Muamalat dapat mengalihkan atau memindahkan Data Pribadi Anda kepada pihak ketiga di negara manapun yang pengungkapannya diwajibkan secara hukum dan/atau dimana diperlukan untuk melindungi, menegakkan, dan mempertahankan hak-hak atau Karyawan dan pejabat Bank Muamalat, dengan tetap tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Hak Subjek Data Pribadi
Bank Muamalat senantiasa berkomitmen untuk memenuhi Hak Anda sebagai Subjek Data Pribadi untuk mendapatkan informasi mengenai Data Pribadi Anda yang telah dikumpulkan dan diproses oleh Bank Muamalat. Anda dapat meminta kepada Bank Muamalat untuk memperbaiki, melengkapi, memperbarui, atau menghapus Data Pribadi Anda yang berada di bawah kendali Bank Muamalat dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Namun demikian, Bank Muamalat dapat menolak permintaan Anda antara lain apabila jika diperkenankan menurut hukum yang berlaku atau permintaan Anda bertentangan dengan kepentingan hukum yang berlaku.
Berikut kami informasikan hak-hak yang Anda miliki sebagai Subjek Data Pribadi:
1. Hak atas Informasi dan Akses
Anda memiliki hak untuk memperoleh informasi mengenai identitas pihak yang meminta Data Pribadi Anda, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaannya, serta akses terhadap salinan Data Pribadi Anda. Bank Muamalat akan memberikan akses ke informasi tersebut melalui sarana resmi Bank Muamalat seperti Kantor Layanan Bank Muamalat atau channel (saluran) lainnya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan Bank Muamalat.
a. | Kepentingan pertahanan dan keamanan nasional; |
b. | Kepentingan proses penegakan hukum; |
c. | Kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara; atau |
d. | Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan negara. |
Anda perlu memahami bahwa permintaan penundaan dan pembatasan pemrosesan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan Bank Muamalat untuk menyediakan produk, layanan dan jasa kepada Anda, serta hubungan kontraktual yang telah dibuat antara Bank Muamalat dengan Anda ataupun antara Bank Muamalat dengan pihak ketiga lainnya termasuk dapat mengakibatkan terhentinya layanan yang Anda terima dan/atau terjadinya pengakhiran atas satu atau beberapa perjanjian Anda dengan Bank Muamalat dan/atau pelanggaran terhadap satu atau beberapa kewajiban Anda berdasarkan perjanjian Anda dengan Bank Muamalat.
Jangka Waktu Pemrosesan dan Penyimpanan Data Pribadi
Bank Muamalat akan melakukan pemrosesan Data Pribadi sejak Bank Muamalat memperoleh dasar pemrosesan. Pemrosesan akan terus dilakukan oleh Bank Muamalat selama Anda masih menggunakan produk, layanan, dan/atau jasa Bank Muamalat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Bank Muamalat melakukan penyimpanan data sesuai dengan ketentuan retensi penyimpanan data yang ada di Bank Muamalat. Sebagai contoh, Bank Muamalat akan menyimpan Data Pribadi Anda dalam jangka waktu tertentu sejak Anda berinteraksi dengan Bank Muamalat. Bank Muamalat mungkin dapat menyimpan data Anda lebih lama dari batas waktu yang ditentukan jika hal tersebut diperlukan untuk kebutuhan hukum, membantu mendeteksi kejahatan keuangan, menjawab permintaan regulator atau aparat yang berwenang dan hal lainnya. Jika Bank Muamalat tidak membutuhkan lagi informasi terkait Data Pribadi Anda, Bank Muamalat dapat menghapus Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank Muamalat.
Pengamanan Data Pribadi
Bank Muamalat menggunakan berbagai cara untuk menjaga Data Pribadi Anda agar tetap aman dan terlindungi, seperti penggunaan teknologi Enkripsi dan bentuk keamanan lainnya. Disamping itu, Bank Muamalat juga mewajibkan seluruh Karyawan Bank Muamalat dan pihak lain yang bekerja sama dengan Bank Muamalat untuk patuh dan menaati seluruh ketentuan yang berlaku terkait Pelindungan Data Pribadi dan menerapkan langkah-langkah pengamanan dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi.
Perubahan Kebijakan Privasi
Bank Muamalat dapat mengubah, melengkapi dan/atau mengganti kebijakan privasi ini dari waktu ke waktu untuk memastikan Kebijakan Privasi ini sejalan dengan prosedur dan praktik yang dijalankan oleh Bank Muamalat dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi. Bank Muamalat akan menyediakan kebijakan privasi terkini melalui website Bank Muamalat di www.bankmuamalat.co.id.
Hubungi Kami
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi layanan SalaMuamalat melalui telepon di nomor 1500016 atau email dengan alamat salamuamalat@bankmuamalat.co.id.