No
|
Product Brief
|
1
|
Q
|
Apakah Mobile Banking Muamalat?
|
|
A
|
Merupakan layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi. Seperti Transaksi Finansial dan Transaksi Non Finansial dengan melalui ponsel pintar smart phone.
|
2
|
Q
|
Di mana aplikasi Mobile Banking Muamalat dapat diunduh?
|
|
A
|
Aplikasi Mobile Banking Muamalat dapat diunduh melalui application store dari masing-masing smartphone yang dimiliki nasabah.
Nama dari aplikasinya adalah Muamalat DIN.
Minimum Spesifikasi masing – masing smartphone:
Platform
|
Minimum Spesifikasi OS
|
Application Store
|
Status
|
Android
|
Marshmallow 6.0
|
Google Playstore
|
Supported Update
|
iPhone
|
iOS 12
|
App Store
|
Supported Update
|
|
3
|
Q
|
Apa yang dimaksud TIN Mobile Banking?
|
|
A
|
TIN Mobile Banking berupa 6 digit angka yang berfungsi sebagai otorisasi atas transaksi finansial yang dilakukan oleh Nasabah melalui metode challenge. TIN didaftarkan atau di input Nasabah ketika melakukan registrasi TIN di Aplikasi Muamalat DIN
Contoh:
TIN Mobile Banking Nasabah X adalah “123456”, pada saat transaksi finansial akan ada perintah “Masukan digit ke 3 dan ke 6 TIN anda” (setiap transaksi akan diminta digit TIN secara acak) berarti nasabah harus memasukan angka 3 dan 6.
Apabila salah memasukkan TIN sebanyak tiga kali akan mengakibatkan TIN Mobile Banking terblokir sehingga tidak dapat melakukan transaksi finansial.
|
4
|
Q
|
Apa keunggulan Mobile Banking Muamalat?
|
|
A
|
a. Dapat diunduh melalui Application Store dengan Key Word “Muamalat DIN”.
b. New look tampilanya lebih menarik, membuat nasabah nyaman menggunakannya
c. Biometric Login mempermudah nasabah dalam hal menggunakan aplikasi, nasabah tidak perlu input User id & Password untuk mengakses Mobile Banking. Cukup meletakkan sidik jari di smartphonenya untuk bisa login di aplikasi Mobile Banking (khusus smartphone yang memiliki fitur fingerprint)
d. Single Portfolio, hal ini bisa menginformasikan ke nasabah total nilai saldo yang disimpan di Bank
e. Pada new Mobile Banking mengeluarkan fitur baru yaitu dapat betransaksi QRIS, dimana saat ini nasabah sudah bisa bertransaksi di merchant apapun yang telah berlogo QRIS.
f. Registrasi Mobile Banking Muamalat lebih mudah dan dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile Banking, hal ini memberikan kesan cepat dan praktis untuk penggunanya
g. Dapat digunakan dimana saja dan kapan saja dari platform smartphone yang telah ditentukan.
h. Mudah dalam melakukan akses transaksi Finansial dan Non Finansial.
i. Transaksi menjadi lebih praktis dan mudah dengan adanya fitur favorit untuk menyimpan transaksi finansial.
j. Memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi transfer. Tidak perlu input kode Bank tujuan, cukup pilih dari List Bank Tujuan.
k. Mobile Banking Muamalat menawarkan transaksi yang mudah dan aman dengan validasi menggunakan TIN challenge pada setiap transaksi.
|
5
|
Q
|
Siapa saja yang dapat menggunakan layanan Muamalat DIN?
|
|
A
|
a. Semua nasabah Bank Muamalat yang memiliki rekening tabungan perorangan dan available mendapat akses aplikasi tersebut. Dan dapat menikmati Fasilitas Layanan Mobile Banking.
b. Semua non nasabah Bank Muamalat, dengan ketentuan hanya dapat mengakses dan menikmati fitur yag terdapat di menu utama Muamalat DIN namun tidak dapat login pada layanan Mobile Banking.
|
6
|
Q
|
Dapat dilakukan dimana saja Registrasi Mobile Banking Muamalat?
|
|
A
|
Registrasi Mobile Banking Muamalat dapat dilakukan melalui Aplikasi Muamalat DIN dilanjut sesuai petunjuk yang ada.
|
7
|
Q
|
Bagaimana urutan proses Registrasi dan Aktivasi Mobile Banking Muamalat?
|
|
A
|
Ø Registrasi Mobile Banking Muamalat DIN
1. Mengunduh aplikasi Muamalat DIN pada application store (available di Play Store dan App Store).
2. Klik daftar pada aplikasi Muamalat DIN.
3. Masukan Data Registrasi seperti No Rekening, Pin ATM, No HP (yang terdaftar di Bank), Capcha dan cek list syarat & ketetuan yang berlaku. Kemudian klik Lanjut
4. Masukan kode OTP yang dikirimkan oleh Bank.
5. Buat user id dan Password Mobile Banking dengan kombinasi huruf dan angka minimal 8 karakter maksimal 15 karakter, diawali dengan huruf besar (kombinasi huruf besar dan kecil)
6. Input alamat email di aplikasi untuk dapat mengetahui informasi edukasi dan promo dari Bank
7. Input Reffcode (kode petugas bank), akan tetapi hal ini tidak mandatory
8. Buat TIN Mobile Banking sebanyak 6 digit, untuk dapat bertransaksi financial
9. Nasabah akan mendapatkan informasi registrasi dan aktivasi Mobile Banking Berhasil.
10. Nasabah dapat login untuk bisa melihat aktivitas rekeningnya di Bank Muamalat
|
8
|
Q
|
Bagaimana jika nasabah melakukan registrasi Mobile Banking Muamalat dengan No Handphone yang belum terdaftar di Bank?
|
|
A
|
Nasabah tidak dapat melakukan Registrasi.
|
9
|
Q
|
Bagaimana dengan format penulisan No Handphone yang diterima oleh system?
|
|
A
|
Format penulisan No Handphone yang diterima oleh system adalah sbb:
1. 628121323XXX
2. 08121323XXX
|
10
|
Q
|
Apakah dapat melakukan Registrasi Mobile Banking dengan menggunakan kartu ATM expired?
|
|
A
|
Nasabah tidak dapat melakukan Registrasi
|
11
|
Q
|
Apa yang harus dilakukan apabila saat aktivasi, OTP tidak diterima?
|
|
A
|
Pertama-tama nasabah harus memastikan beberapa hal, diantaranya :
1. Sinyal Provider dalam keadaan Stabil dan Normal.
2. Pastikan pulsa tersedia
3. Tipe Kartu Perdana yang digunakan bisa digunakan untuk menerima SMS, Telepon dan Internet.
4. Memory Penyimpanan tersedia.
5. Mengizinkan untuk menerima SMS OTP
Apabila hal diatas sudah dipastikan namun blm mendapat OTP, direkomendasikan untuk melakukan hal-hal berikut :
1. Aktifkan Mode Airplane Mode dan Non-Aktifkan Mode Airplane Mode, atau
2. Lakukan Reset Mobile Phone / Device, atau
3. Mengulangi proses Aktivasi, atau
4. Jika tersedia 2 slot simcard, pastikan untuk sim yang akan menerima OTP yang hanya diaktifkan pada smartphone
Catatan : khusus nasabah baru pertama kali melakukan aktivasi Mobile Banking DIN, OTP akan otomatis terisi pada smartphone nasabah
|
12
|
Q
|
Pada saat aktivasi apakah sim card yang menerima OTP, harus terdapat pada smartphone yang di install aplikasi Muamalat DIN ?
|
|
A
|
Aplikasi Muamalat DIN sim card yang menerima OTP wajib terdapat pada smartphone yang diinstall aplikasi tersebut
|
13
|
Q
|
Pada saat aktivasi terdapat kolom “reference code”, apa yang dimaksud dengan reference code?
|
|
A
|
Reference Code merupakan kode yang difungsikan sebagai kode referensi aktivasi Mobile Banking. Kode ini digunakan untuk mencatat hasil upaya yang dilakukan oleh Karyawan Bank dalam mengaktivasi user Mobile Banking nasabah.
Reference Code ini tidak bersifat mandatory, sehingga apabila nasabah melakukan aktivasi Mobile Banking atas inisiatif diri sendiri maka Nasabah dapat melewatkan kolom tersebut.
|
14
|
Q
|
Bagaimana jika Nasabah lupa dengan password login Mobile Banking Muamalat? Apakah Nasabah dapat bertanya password Mobile Bankingnya kepada pihak Bank Muamalat?
|
|
A
|
Password bersifat rahasia dan tidak diketahui oleh siapapun termasuk pihak Bank Muamalat. Namun jika user id/ password Mobile Bankingnya terblokir nasabah wajib konfirmasi ke Bank agar dilakukan reset user id/passwordnya.
· Setelah direset, jika nasabah mengetahui user id dan password yang benar silakan login kembali.
· Akan tetapi jika nasabah tidak mengingat user id dan password silakan melakukan registrasi ulang melalui aplikasi Muamalat DIN.
|
15
|
Q
|
Bagaimana jika Nasabah lupa dengan TIN Mobile Banking Muamalat? Apakah Nasabah dapat bertanya TIN Mobile Bankingnya kepada pihak Bank Muamalat?
|
|
A
|
Sama dengan password Mobile Banking, jika Nasabah lupa dengan TIN Mobile Bankingnya maka Nasabah wajib konfirmasi ke Bank untuk melakukan reset TIN Mobile Banking.
Selanjutnya nasabah bisa melakukan registrasi ulang melalui aplikasi Muamalat DIN
|
16
|
Q
|
Transaksi apa saja yang bisa dilakukan di Mobile Banking Muamalat DIN?
|
|
A
|
a. Transfer (Antar Muamalat, Antar Bank lain, SKN, RTGS)
b. Pembayaran
1. DPLK Syariah Muamalat
2. PLN (Postpaid, Non Taglish)
3. Layanan Publik (Telkom Pay)
4. Telco (Halo, Indosat Ooredoo, XL Xplor, Tri Prostpaid, SmartFren Postpaid)
5. Virtual Account
6. Tiket (Garuda Air Line)
7. TV Berlangganan (MNC Vision[Idovision/Top TV/OK TV], TelkomVision/TransVision, Nexmedia, Topas TV)
8. Internet (Internet Telkom)
9. Zakat (BMM, Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa)
10. Gopay dan Ovo
c. Isi Ulang
1. Telco (Telkomsel, XL, Indosat, Tri, SmartFren)
2. PLN (Prepaid)
d. Isi Paket Data
Telkomsel, XL dan Indosat
e. Pembukaan Rekening tabungan dan Deposito untuk nasabah eksisting
f. Transaksi Pembayaran QRIS
|
17
|
Q
|
Transaksi apa saja yang bisa disimpan ke dalam menu Favorit pada layanan Mobile Banking Muamalat DIN?
|
|
A
|
Layanan Menu Favorit adalah Fitur layanan yang berfungsi untuk menyimpan data transaksi nasabah yang bersifat Rutin, sehingga nasabah tidak perlu melakukan penginputan no tujuan / tagihan pada transaksi selanjutnya.
Transaksi yang dapat disimpan di menu favorit:
a. Transfer (Antar Muamalat, Antar Bank lain, SKN, RTGS)
b. Pembayaran
1. DPLK Syariah Muamalat*
2. PLN (Postpaid)
3. Layanan Publik (Telkom Pay)
4. Telco (Halo, Indosat Ooredoo, XL Xplor, Tri Prostpaid, SmartFren Postpaid)
5. Virtual Account
6. TV Berlangganan (MNC Vision[Idovision/Top TV/OK TV], TelkomVision/TransVision, Nexmedia, Topas TV)
7. Internet (Internet Telkom)
8. Zakat (BMM, Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa)
9. Gopay dan Ovo
c. Isi Ulang
1. Telco (Telkomsel, XL, Indosat, Tri, SmartFren)
2. PLN (Prepaid)
d. Isi Paket Data
Telkomsel, XL dan Indosat
*masih dalam tahap pengembangan
|
18
|
Q
|
Bagaimana cara memastikan apakah transaksi yang dilakukan melalui Muamalat DIN sudah berhasil? Dan apakah bukti transaksinya dapat dikirimkan kepada orang lain?
|
|
A
|
Setelah nasabah melakukan otorisasi transaksi dengan melakukan input TIN, maka akan tampil resi sebagai bukti bahwa transaksi telah berhasil, resi ini secara otomatis tersimpan di folder galeri smartphone. Nasabah juga dapat mengetahui transaksi yang berhasil dengan melakukan pengecekan dari menu mutasi rekening seperti transaksi hari ini, 10 transaksi terakhir dan cek mutasi.
Nasabah dapat mengirimkan resi yang tampil setelah melakukan transaksi dengan menyentuh icon share untuk mengirimkannya via sms, email atau messenger.
|
19
|
Q
|
Bagaimana caranya melakukan Transaksi berulang / Recurring?
|
|
A
|
Nasabah dapat memilih menu transfer, pilih menu pindah buku atau transfer antar bank dan transaksi top up dan pembayaran.
a. Nasabah input no pelanggan/Id pelanggan/rek tujuan dan bank (bila transfer antar bank)
b. Pilih tipe transaksi, pilih berulang / recurring
c. Pilih tanggal eksekusi, input berapa kali eksekusi dilakukan
d. Lanjut
Untuk transaksi berulang periodenya bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah
|
20
|
Q
|
Bagaimana caranya menghentikan / Stop Transaksi berulang / Recurring?
|
|
A
|
Nasabah dapat melakukan penghentian/Stop Transaksi Berulang/Recurring melalui mobile banking, dengan cara :
a. Nasabah Login Mobile Banking.
b. Pilih Menu titik 3 disudut kiri bawah
c. Pilih Menu Transaksi terjadwal
d. Pilih Transaksi yang akan dihentikan/Stop.
e. Pilih Icon tong sampah untuk melakukan pengentian/Stop transaksi berulang.
|
21
|
Q
|
Bagaimana cara menghapus atau menonaktifkan Muamalat DIN?
|
|
A
|
Nasabah dapat melakukan hal-hal berikut ini:
a. Nasabah dapat melakukan uninstall aplikasi Muamalat DIN melalui menu setting pada masing-masing smartphone.
b. Menghubungi SalaMuamalat 1500016 atau mengunjungi cabang Muamalat terdekat untuk mengajukan permintaan penonaktifkan Muamalat DIN.
|
22
|
Q
|
Bagaimana langkah-langkah penanganan jika setelah install aplikasi Muamalat DIN terdapat keterangan Perangkat tidak terdaftar ?
|
|
A
|
Langkah-langkah pengaturan Perangkat tidak terdaftar :
A. Android
1. Pilih menu setting smartphone
2. Pilih Aplikasi (apps)
3. Pilih Muamalat DIN
4. Pilih Storage
5. Pilih Hapus data (clear cache/clear data)
B. I-Phone
1. Pilih menu setting smartphone
2. Pilih Safari
3. Pilih Clear History and Website Data
|
23
|
Q
|
Bagaimana langkah-langkah penanganan message aplikasi “Sertifikat SSL Tidak Valid” di Muamalat DIN?
|
|
A
|
1. Buka menu pengaturan setting pada Smartphone.
2. Pilih Provider yang digunakan untuk akses Internet (SIM Card 1/ SIM Card 2) lalu plih menu acess point name.
3. Pilih APN default yang aktif dari provider untuk melakukan edit Acess Point Smartphone.
4. Kosongkan isian Proxy dan Port pada menu Edit Acess Poin lalu Tekan button save untuk menyimpan perubahan.
|
24
|
Q
|
Bagaimana langkah nasabah jika sebelumnya nasabah sudah melakukan aktivasi Mobile Banking di aplikasi Muamalat DIN. Kemudian ingin melakukan re-install Mobile Banking pada smartphone yang berbeda?
|
|
A
|
Jika nasabah sudah menginstall aplikasi Muamalat DIN dan telah mengaktifkan Mobile Banking pada smartphone sebelumnya, kemudian nasabah ingin melakukan install aplikasi pada smartphone yang baru, maka nasabah diharapkan konfirmasi ke Bank untuk dapat dilakukan unibind user id yang terkoneksi dengan imei smartphone sebelumnya.
Selanjutnya, nasabah dapat registrasi kembali pada aplikasi Muamalat DIN yang telah terinstall pada smartphone yang baru
|
25
|
Q
|
Berapa minimum versi Muamalat DIN jika nasabah ingin bertransaksi QRIS ?
|
|
A
|
Minimum versi Muamalat DIN untuk bertransaksi QRIS adalah 1.2.0
|