A. Fitur & Menu Layanan Internet Banking Muamalat
Internet Banking Muamalat merupakan layanan perbankan elektronik 24 jam sehari dan 7 hari sepekan melalui akses internet yang mudah dan aman. Layanan ini memungkinkan Nasabah bertransaksi di seluruh rekening Bank Muamalat miliknya.
B. Kelebihan Internet Banking Muamalat
- Transaksi perbankan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja
- Internet Banking Muamalat dilengkapi dengan mPassCode (One Time Password/OTP), yaitu SMS berisikan kode verifikasi transaksi yang dikirimkan ke nomor ponsel Nasabah yang telah terdafar di bank.
C. Syarat Internet Banking Muamalat
- Nasabah perorangan
- Memiliki tabungan dan kartu ATM Muamalat
- Memiliki surel aktif
- Melakukan registrasi Internet Banking melalui ATM & pinpad Muamalat
- Terhubungan dengan jaringan internet untuk akses ke web internet banking https://ib.muamalatbank.com
D. Registrasi Dan Aktivasi Internet Banking
1. Registrasi Internet Banking melalui ATM
2. Aktivasi Internet Banking
Catatan :
- Setelah registrasi di ATM/pinpad berhasil, Anda sudah dapat melakukan transaksi non-finansial seperti cek saldo dan mutasi rekening.
- Untuk dapat menikmati transaksi finansial, silahkan mengunjungi customer service Bank Muamalat terdekat dengan mengisi formulir aktivasi transaksi finansial.
E. Fitur, Limit Dan Biaya Transaksi
1. Transaksi Umum Perbankan
No.
|
Jenis Transaksi Nasabah
|
Limit Transaksi/Hari
|
Biaya per transaksi
|
1
|
Info rekening
|
a. Informasi saldo
|
---
|
Gratis
|
b. Mutasi rekening
|
---
|
Gratis
|
c. Informasi kurs
|
---
|
Gratis
|
2
|
Transfer finansial
|
a. Transfer antar rekening muamalat
|
Rp50 juta
|
Gratis
|
b. Transfer ke bank lain
|
Rp25 juta
|
Rp6.500
|
c. Transfer ke bank lain (SKN)
|
Rp100 juta
|
Rp5.000
|
d. Transfer ke bank lain (RTGS)
|
Rp200 juta
|
Rp20.000
|
3
|
Pembelian
|
a. Pulsa isi ulang Telkomsel
|
Rp2 juta
|
Rp1.500
|
b. Pulsa isi ulang XL/Axis
|
Rp2 juta
|
Rp1.500
|
c. Pulsa isi ulang (Indosat, Smartfren, Three)
|
Rp2 juta
|
Gratis
|
d. Paket data internet (Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo)
|
---
|
Gratis
|
|
|
|
e. Pembelian token PLN (prepaid)
|
---
|
Rp3.500
|
4
|
Pembayaran
|
a. Tagihan PLN (pasca bayar & prabayar)
|
---
|
Rp3.500
|
b. Tagihan ponsel/pasca bayar
|
---
|
---
|
- Telkomsel
|
---
|
Rp2.500
|
- XL/Axis
|
---
|
Gratis
|
- Indosat
|
---
|
Gratis
|
- Smartfren
|
---
|
Gratis
|
- Three
|
---
|
Gratis
|
|
|
|
|
|
|
c. TV Berlangganan
|
|
- MNC Vision (Indovision/OkeVision/TopTV)
|
---
|
Gratis
|
- Nexmedia
|
---
|
Gratis
|
- Telkom Vision /Transvision
|
---
|
Rp2.500
|
- Topas TV
|
---
|
Rp3.500
|
d. Zakat, Infak & Sedekah
|
---
|
Gratis
|
e. Virtual Aacount Muamalat
|
---
|
Gratis
|
Keterangan :
- Gratis biaya registrasi dan berlangganan
- Biaya penggunaan mPassCode (One Time Password - OTP) sebesar Rp550 per SMS
- Biaya penggunaan layanan data (internet) sesuai operator telekomunikasi yang digunakan
2. Debit Online
Debit online adalah salah satu fitur unggulan lain dari Internet Banking Muamalat yang menawarkan kemudahan pembayaran belanja online. Nasabah tidak perlu menghafal nomor rekening penjual atau nominal yang harus dibayar. Layanan ini hanya berlaku di merchant yang telah bekerja sama.
Dengan menggunakan Internet Banking Muamalat di setiap aktivitas belanja online nasabah tidak perlu lagi kesulitan mengingat kode pemesanan (booking) transaksi. Nasabah juga tidak perlu ke ATM untuk transfer serta mengirimkan konfirmasi bahwa pembayaran telah dilakukan. Internet Banking Muamalat memberikan kemudahan dan keamanan bagi nasabah Bank Muamalat yang melakukan belanja online.
List Merchant Debit Online – IB Muamalat
Alur Belanja Online menggunakan IB Muamalat :
- Mengunjungi website merchant yang telah bekerjasama dengan Bank Muamalat.
- Klik barang yang anda pilih kemudian masukkan kedalam troli belanja.
- Pilih menu pembayaran dengan mengklik “IB Muamalat”, kemudian akan muncul layar konfrimasi yang berisi detail transaksi pembelanjaan anda seperti jenis dank ode barang, jumlah barang, no referensi, serta nominal transaksi pembelanjaan .
- Klik “Proses” kemudian akan muncul halaman Login Internet Banking Muamalat.
- Masukan User Id dan Password anda untuk melanjutkan pembayaran.
- Bank Muamalat akan mengkonfirmasi ulang transaksi pembelanjaan anda, kemudian klik “Submit” untuk melanjutkan pembayaran.
- Sebagai verifikasi transaksi, masukkan mPasscode (OTP) yang telah dikirimkan ke no Hp anda. Kemudian klik “Confirm” kemudian akan muncul layar konfirmasi bahwa transaksi Sukses dilakukan.
- Menerima konfirmasi melalui email atas transaksi dan pembayaran yang telah berhasil dilakukan.
FREQUENTLY ASKED QUESTION – INTERNET BANKING
1
|
Apa itu Internet Banking Muamalat?
|
|
Internet Banking Muamalat adalah salah satu layanan elektronik yang disediakan Bank Muamalat dengan menggunakan media internet untuk kemudahan nasabah melakukan transaksi keuangan pribadi maupun bisnis.
|
2
|
Apa saja fitur Internet Banking Muamalat?
|
|
· Cek saldo
· Transfer dana (pindah buku, antar bank, SKN, RTGS)
· Pembelian pulsa dan/atau paket data
· Top Up CGV Member
· Pembayaran tagihan telpon dan/atau TV berlangganan
· Pembayaran zakat, infak dan sedekah
· Virtual account Muamalat
· Asuransi Sinarmas
· Dan lain-lain
|
3
|
Apa saja keunggulan Internet Banking Muamalat?
|
|
· Transaksi mudah dan real time online (khusus SKN memakan waktu 1-2 hari)
· Tampilan ringkas dan jelas
· Transfer dan pembayaran tagihan dapat dilakukan secara terjadwal & berulang
|
4
|
Apa tipe security code atau jenis keamanan tambahan yang digunakan untuk transaksi perbankan dari Internet Banking Muamalat?
|
|
Transaksi finansial melalui IB Muamalat dilengkapi dengan mPassCode, yaitu One Time Password (OTP) yang berisi 6 digit angka yang dikirim ke no HP nasabah
|
5
|
Apa alamat situs Internet Banking Muamalat ?
|
|
https://ib.muamalatbank.com atau https://ib.muamalatbank.com/ib-app/loginpage
|
6
|
Bagaimana cara registrasi dan aktivasi transaksi finansial Internet Banking Muamalat?
|
|
Registrasi :
a) Nasabah harus melakukan registrasi pertama di ATM/pinpad Muamalat
b) Nasabah harus memasukkan nomor handphone dan membuat password sementara
c) Nasabah akan mendapatkan user ID yang tercetak di struk ATM/pinpad
d) Nasabah dapat melakukan login https://ib.muamalatbank.com atau
e) https://ib.muamalatbank.com/ib-app/loginpage dengan memasukkan User ID dan
f) password yang berada di struk ATM/Pinpad
Aktivasi :
Untuk dapat menikmati transaksi finansial, silahkan mengunjugi customer service Bank Muamalat terdekat dengan mengisi formulir pengaktifan transaksi finansial.
|
7
|
Nasabah tidak menerima mPassCode pada saat akan melakukan transaksi?
|
|
a) Pulsa tidak mencukupi sehingga mPassCode tidak dapat diterima oleh nasabah.
b) Sinyal provider kurang stabil.
c) Nomor ponsel nasabah yang didaftarkan untuk IB Muamalat hanya untuk paket data, sehingga tidak dapat menerima SMS
d) Apabila masih mengalami hal yang sama segera hubungi SalaMuamalat 1500016
|
8
|
Lupa password sehingga akun Internet Banking Muamalat terblokir ?
|
|
Hubungi SalaMuamalat 1500016 untuk pembukaan blokir
|
9
|
Internet Banking Muamalat tidak bisa diakses ?
|
|
a) Periksa koneksi internet Anda
b) Hubungi SalaMuamalat 1500016 untuk informasi adanya kemungkinan pemeliharaan rutin jaringan Internet Banking Muamalat
|
10
|
Apa yang harus dilakukan untuk mereset user ID yang diblok akibat salah password sebanyak 3 kali ?
|
|
Nasabah harus menghubungi SalaMuamalat 1500016 dan meminta mereset password.
|
11
|
Pembelian voucer pulsa, saldo sudah terdebet tapi pulsa tidak diterima nasabah ?
|
|
Melaporkan ke SalaMuamalat 1500016 atau ke kantor Bank Muamalat terdekat untuk dicatat detail transaksi dan nomor ponsel tersebut. Penyelesaian akan dilakukan dalam kurun waktu ± 14 hari kerja.
|
12
|
Dana sudah berhasil dikirim tetapi belum diterima oleh rekening tujuan ?
|
|
Melaporkan ke SalaMuamalat 1500016 atau ke kantor Bank Muamalat terdekat untuk dicatat detail transaksi termasuk nomor rekening tujuan. Penyelesaian akan dilakukan dalam kurun waktu ± 14 hari kerja.
|
13
|
Terjadi waktu habis (time out) ketika melakukan transaksi perbankan ?
|
|
Melaporkan ke Salamuamalat 1500016 untuk pengecekan transaksi yang dilakukan sebelumnya serta pemeriksaan kondisi jaringan Internet Banking Muamalat saat transaksi dilakukan
|
14
|
Apa itu transaksi terjadwal ?
|
|
Transaksi berulang setiap bulan yang dilakukan secara otomatis oleh sistem berdasarkan periode yang telah ditentukan/diatur oleh nasabah.
|
15
|
Transaksi apa saja yang dapat dilakukan secara terjadwal ?
|
|
Tagihan yang muncul bulanan (MNC Vision (indovision/Top TV/Okevision), Nextmedia, Telkom Vision/Transvision, Topas TV, Telko Pascabayar (Indosat, Telkomsel, Telkom, Tri, Xplor) serta polis asuransi.
|
16
|
Bagaimana melakukan transaksi terjadwal?
|
|
a) Nasabah sudah memiliki user Internet Banking Muamalat.
b) Selanjutnya akses login page Internet Banking Muamalat.
c) Pilih menu Bayar Tagihan.
d) Pilih menu Pembayaran Tagihan.
e) Lengkapi Data Tagihan dan Rekening, yaitu :
- Nomor Rekening
- Tipe Tagihan
- Untuk Pembayaran
- Nomor Tagihan
- Jumlah Maksimal Tagihan yang dibayarkan
- Pada “Tanggal Transaksi” pilih opsi “Berulang”, lalu lengkapi kolom “Mulai dari” untuk mengatur tanggal penerapkan pembayaran tagihan secara otomatis
- Klik Lanjut/Proses
f) Masukkan mPasscode (OTP) sebagai konfirmasi pengaturan transaksi terjadwal yang dilakukan
g) Transaksi selesai
|
17
|
Berapa lama transaksi terjadwal dapat dilakukan ?
|
|
Periode transaksi berulang dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
|
18
|
Bagaimana apabila transaksi dipertengahan periode gagal karena kekurangan saldo/jaringan terputus/tagihan melebihi limit?
|
|
Transaksi tidak akan terproses dan transaksi selanjutnya secara otomatis tidak akan berlanjut. Nasabah bisa melakukan pengaturan ulang atas transaksi yang gagal agar kembali terjadwal.
|
19
|
Bagaimana menghentikan transaksi dipertengahan periode ?
|
|
a) Nasabah akses login page Internet Banking Muamalat.
b) Pilih Menu Pembayaran
c) Pilih Menu Daftar Pembayaran Terjadwal & Berulang
d) Pilih Transaksi yang ingin diberhentikan dengan mengklik Reff No
e) Klik Stop
|
FAQ PLN Internet Banking Muamalat
Transaksi PLN apa saja yang dapat dilakukan melalui Internet Banking Muamalat?
- Prepaid / Token Listrik
- Postpaid (tagihan listrik paska bayar bulanan)
- Non Taglis (tagihan pasang baru, turun daya, naik daya, denda khusus atau jenis tagihan non pembayaran listrik lain dari PLN)
Bagaimana cara untuk melakukan transaksi pembayaran/pembelian listrik melalui Internet Banking Muamalat?
Prepaid
- Login di Internet Banking Masukan User Id dan Password
- Pilih menu “Isi Ulang Prabayar”
- Pada tipe tagihan pilih “Utility”
- Pilih menu “PLN Prepaid”
- Masuk iD pelanggan/ nomor meter
- Pilih Lanjut
- Pada layar konfirmasi pilih nominal yang akan dibeli
- Masukan kode mPasscode
- Pilih Lanjut
Postpaid
- Login di Internet Banking Masukan User Id dan Password
- Pilih menu “Bayar Tagihan”
- Pada tipe tagihan pilih “Utility”
- Pilih menu “PLN Postpaid”
- Masuk iD Pelanggan
- Pilih Lanjut
- Pada layar konfirmasi masukan kode mPasscode
- Pilih Lanjut
- Struk transaksi berhasil
Non Taglis
- Login di Internet Banking Masukan User Id dan Password
- Pilih menu “Bayar Tagihan”
- Pada tipe tagihan pilih “Utility”
- Pilih menu “PLN Nontaglis”
- Masuk Nomor registrasi
- Pilih Lanjut
- Pada layar konfirmasi masukan kode mPasscode
- Pilih Lanjut
- Struk transaksi berhasil
Apa yang harus dilakukan apabila pada saat nasabah melakukan transaksi PLN Prepaid tetapi struk transaksi tidak tampil yang disebabkan karena kesalahan jaringan / kendala sistem baik di BMI, Switching maupun PLN?
Melalui Internet Banking Muamalat
- Login di Internet Banking masukan User Id dan Password
- Pilih “Data Saya”
- Pilih “Status Transaksi”
- Pada tipe transaksi pilih “Payment”
- Pilih Tanggal saat melakukan transaksi PLN
- Pilih nomor rekening yang digunakan saat melakukan transaksi
- Pilih Kirim
- Pada kolom nomor refrensi pilih transaksi yang akan dicetak ulang struknya
Nasabah bisa akses https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html
- Masukkan Identitas Pelanggan (No Meter)
- Klik “cari”
- Informasi No Token bisa di ketahui pada kolom “Transaksi Pembelian Token”
Download aplikasi ‘PLN Mobile’ di playstore / appstore
- Registrasi / Daftar Akun anda
- Pilih Tab “Informasi”
- Pilih “Informasi Tagihan dan Token Listrik”
- Input No Meter / Idpel
- Informasi No Token Akan tersedia (sekaligus history no token pada waktu - waktu sebelumnya)
Telepon Call Center PLN 123, dengan cara :
- Masukan Kode Area +123 (Jika dari HP)
- langsung Tekan 123 (Jika dari telepon rumah)
Input tiket IT Helpdesk (disertai dengan kelengkapan informasi nasabah dan informasi transaksi)
Apa yang harus dilakukan apabila pada saat nasabah melakukan transaksi PLN Postpaid/Nontglis namun struk transaksi tidak tampil namun saldo nasabah terdebet?
Nasabah dapat langsung melakukan pengaduan melalui SalaMuamalat di 1500016 atau datang ke kantor cabang Bank Muamalat terdekat agar dapat dilakukan pengecekan sesuai ketentuan yang berlaku untuk diteruskan kepada unit terkait di kantor pusat.
Apa kegunaan menu PLN manual advice pada menu PLN Prepaid?
Menu PLN Manual Advice berguna apabila pada saat nasabah melakukan transaksi PLN Prepaid struk yang keluar hanya menampilkan informasi nomor meter, IDPel dan nomor referensi tidak ada informasi nomor stroom/ token maka nasabah dapat masuk ke menu PLN Manual Advice dengan menginput :
- Nomor Meter/ ID Pelanggan
- Nomor Referensi
Bagaimana cara untuk melakukan cetak ulang transaksi PLN?
Apabila struk transaksi PLN Prepaid/ Postpaid/ Nontaglis hilang nasabah dapat melakukan cetak ulang struk transaksi yang telah dilakukan tersebut dengan cara:
Prepaid
- Login di Internet Banking Masukan User Id dan Password
- Pilih menu “Isi Ulang Prabayar”
- Pada tipe tagihan pilih “Utility”
- Pilih menu “PLN Prepaid Reprint”
- Masuk iD pelanggan/ nomor meter
- Pilih tanggal transaksi
- Pilih Lanjut
- Struk Transaksi Cetak Ulang
Postpaid
- Login di Internet Banking Masukan User Id dan Password
- Pilih menu “Bayar Tagihan”
- Pilih Menu “Pembayaran Tagihan”
- Pada tipe tagihan pilih “Utility”
- Pada tipe tagihan pilih “PLN Postpaid Reprint”
- Masuk iD Pelanggan
- Pilih tanggal transaksi
- Pilih Lanjut
- Struk Transaksi Cetak Ulang
Non Taglis
- Login di Internet Banking Masukan User Id dan Password
- Pilih menu “Bayar Tagihan”
- Pilih Menu “Pembayaran Tagihan”
- Pada tipe tagihan pilih “Utility”
- Pada tipe tagihan pilih “PLN Nontaglis Reprint”
- Masuk Nomor registrasi
- Pilih tanggal transaksi
- Pilih Lanjut
- Struk Transaksi Cetak Ulang
Pada pilihan denom di menu PLN Prepaid ada pilihan token avail 1 dan token avail 2, apa yang dimaksud dengan istilah avail 1 dan avail 2 tersebut?
Avail 1 dan avail 2 yang ada pada pilihan denom merupakan denom-denom yang disediakan oleh PLN yang disebabkan karena pada saat nasabah melakukan transaksi prepaid sebelumnya mengalami kegagalan debet/transaksi yang disebabkan karena adanya problem sistem baik di sisi BMI, PLN maupun switching. Hal ini dipicu karena sistem PLN sudah mengalokasikan denom tertentu sesuai pilihan nasabah sebelumnya tetapi gagal bayar karena kendala sistem sehingga PLN mengalokasikan denom tersebut pada transaksi nasabah berikutnya. Setelah dipilih avail 1 atau 2 tinggal masukkan TIN dan tekan proses maka transaksi akan berhasil.
Apa itu Token TMP ?
Token TMP adalah token “hadiah” atau “kompensasi” atas kendala yang dialami oleh nasabah seperti selisih perhitungan antara KWH meter dengan tarif / daya yang ditetapkan PLN yang bisa jadi terjadi akibat adanya perubahan daya / tarif listrik.