Produk & Layanan
Produk & Layanan
Smart Account Opening

Smart Account Opening

Smart Account Opening (SAO) MDIN merupakan fitur layanan pembukaan rekening online yang dapat dilakukan secara mandiri melalui layanan Muamalat DIN. Proses pemilihan produk tabungan, pengisian kelengkapan pembukaan rekening, verifikasi data diri dilakukan secara online. Setelah melakukan pembukaan rekening melalui online, nasabah hanya perlu untuk melakukan aktivasi ke kantor cabang terdekat untuk melakukan aktivasi rekening dalam jangka 60 hari kalender.

 

Produk tabungan yang dapat digunakan pada saat pembukaan rekening melalui SAO yaitu

Tabungan iB Hijrah - Non Zakat

Merupakan tabungan yang digunakan untuk kebutuhan transaksi dengan aman, sesuai syariah dan menguntungkan.

Fitur Produk

Akad

Wadi’ah

Peruntukan

Perorangan

Setoran awal

Rp25.000

Saldo minimum

Rp25.000

Biaya Layanan Bulanan

  • Rekening Aktif = Bebas biaya
  • Rekening Pasif =  Rp2.500

Biaya Kartu Bulanan

  • Reguler (GPN) = Bebas biaya
  • Classic = Rp2.500
  • 1HRAM/Prioritas = Rp5.000

Biaya Penutupan

Rp25.000

Biaya Penggantian Kartu

Rp20.000

 

Keuntungan:

  • Bagi hasil/bonus tidak diperjanjikan (apabila mendapatkan bagi hasil/bonus maka tidak dikurangi dengan zakat)
  • Bebas biaya layanan
  • Tersedia fasilitas kartu Shar-E Debit yang digunakan di seluruh jaringan Visa dengan berbagai macam program subsidi belanja di merchant pilihan

 

 

FAQ Smart Account Opening 

 

1

Q

Apa itu fitur Smart Account Opening?

 

A

Merupakan fitur layanan pembukaan rekening online yang dapat dilakukan secara mandiri melalui layanan aplikasi Mobile Banking Muamalat DIN.

2

Q

Di mana aplikasi Mobile Banking Muamalat dapat diunduh?

 

A

Aplikasi Mobile Banking Muamalat dapat diunduh melalui application store dari masing-masing smartphone yang dimiliki nasabah.

 

Nama dari aplikasinya adalah Muamalat DIN.

Minimum Spesifikasi masing – masing smartphone:

Platform

Minimum Spesifikasi OS

Application Store

Status

Android

Marshmallow 6.0

Google Playstore

Supported Update

iPhone

iOS 12

App Store

Supported Update

3

Q

Tabungan apa yang tersedia pada fitur Smart Account Opening?

 

A

Tabungan yang dapat dipilih oleh nasabah pada saat pembukaan rekening melalui fitur SAO adalah Tabungan iB Hijrah – Non Zakat yaitu tabungan yang digunakan untuk kebutuhan transaksi dengan aman, sesuai syariah dan menguntungkan.

 

4

Q

Apa saja fitur-fitur (non biaya) yang melekat pada Tabungan iB Hijrah – Non Zakat?

 

A

a.  Akad

Akad yang digunakan adalah Wadi’ah

 

b. Nisbah

Nisbah atau bagi hasil tidak diperjanjikan

 

c.  Media Transaksi

Nasabah Tabungan iB Hijrah dapat melakukan transaksi diseluruh kantor cabang Bank Muamalat, jaringan ATM Muamalat, ATM Prima, ATM Bersama, dan/atau ATM Visa. Selain itu, juga dapat melakukan transaksi di mobile banking Muamalat DIN dan/atau internet banking.

 

d.  Setoran Awal

Setoran awal sebesar Rp 25.000,-

 

e.  Saldo Minimum

Saldo minimum sebesar Rp 25.000,-

 

5

Q

Apa saja fitur-fitur (biaya) yang melekat pada Tabungan iB Hijrah – Non Zakat?

 

A

a.  Biaya Kartu Bulanan

  • Kartu Shar-e Reguler (GPN) = Gratis
  • Kartu Shar-e Classic (Visa Platform) = Rp 2.500,-
  • Kartu Shar-e 1HRAM (Visa Platform) = Rp 5.000,-
  • Kartu Shar-e Prioritas (Visa Platform) = Rp 5.000,-

 

b. Biaya Layanan Bulanan

  • Rekening aktif = gratis

 

 

c.  Biaya SMS Notifikasi

  • Biaya SMS notifikasi sebesar Rp 500,- per transaksi ? Rp 1.000.000,-

 

d. Biaya Penutupan Rekening

  • Biaya penutupan rekening sebesar Rp 25.000,-

 

e.  Biaya Rekening Dorman

  • Rekening dorman/pasif sebesar Rp 2.500,-

 

f.  Biaya Penggantian Buku Tabungan Rusak/Hilang

  • Biaya penggantian buku tabungan rusak/hilang sebesar Rp 10.000,-

 

g.  Biaya Penggantian Kartu

  • Biaya penggantian kartu sebesar Rp 20.000,-

 

6

Q

Apa saja benefit yang ada pada Tabungan iB Hijrah – Non Zakat?

 

A

  • Bagi hasil/bonus tidak diperjanjikan (apabila mendapatkan bagi hasil/bonus maka tidak dikurangi dengan zakat)
  • Bebas biaya layanan
  • Tersedia fasilitas kartu Shar-E Debit yang digunakan di seluruh jaringan Visa dengan berbagai macam program subsidi belanja di merchant pilihan

 

7

Q

Apakah nasabah dapat memilih jenis tabungan lain pada Smart Account Opening?

 

A

Ketika pembukaan rekening nasabah hanya dapat membuka tabungan iB Hijrah Wadiah namun ketika rekening sudah terbentuk dan dilakukan aktivasi dapat membuka jenis tabungan lain secara online melalui MDIN.

 

8

Q

Setelah melakukan registrasi melalui MDIN apakah saya ahrus ke Cabang untuk aktivasi?

 

A

Ya nasabah harus melakukan aktivasi ke cabang untuk melakukan aktivasi rekening dan melakukan setoran awal.

9

Q

Berapa lama jangka waktu maksimal untuk melakukan aktivasi ke Cabang?

 

A

Jangka waktu yang maksimal untuk melakukan aktivasi ke cabang adalah 60 hari.

10

Q

Bagaimana jika dalam kurun waktu 60 hari tidak melakukan aktivasi ke Cabang?

 

A

Rekening akan ditutup, dan apabila dana yang sudah masuk maka dana akan diberlakukan menjadi ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqoh).