Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Article
2021-07-14

YUK, PERSIAPKAN DANA KURBANMU DARI SEKARANG

Assalaamualaikum BMers!
Iduladha sudah semakin dekat dan umat muslim tentu ingin menunaikan ibadah kurban. Untuk mempersiapkan dana kurban tentu diperlukan perencanaan keuangan yang benar. Yuk simak tipsnya berikut:

1. Niatkan untuk berkurban
Idealnya dana kurban disiapkan dari jauh hari. Namun niat yang kuat dan perencanaan keuangan yang baik, Insya Allah akan diberi kemudahan untuk mewujudkannya.

2. Cari informasi harga kurban
Untuk menentukan proyeksi dana yang dibutuhkan, maka terlebih dahulu carilah informasi mengenai harga kurban. Tentukan harga yang paling dapat disesuaikan dengan kondisi keuanganmu saat ini.

3. Persiapkan sumber dana untuk berkurban
Selanjutnya persiapkan dana kurban yang bisa diambil melalui sisa dana THR. Namun jika masih kurang maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memangkas dana konsumtif seperti membeli pakaian, tas, sepatu dan sebagainya. Jika danamu masih kurang namun niatmu sudah bulat, maka kamu bisa menggunakan keahlianmu untuk memperoleh dana tambahan seperti memasak dan berjualan makanan, membuka jasa desain visual dan sebagainya.

4. Investasikan juga dana kurban untuk tahun depan
Apabila rencana kurbanmu masih belum terwujud tahun ini, maka kamu bisa mempersiapkan dengan lebih matang agar bisa berkurban tahun depan. Buat pos tabungan khusus untuk berkurban sehingga setiap bulannya dana tersebut bisa langsung kamu sisihkan di awal. Misal dengan menabung melalui Tabungan Rencana Kurban di Bank Muamalat, kamu akan lebih mudah memproyeksikan biaya kurbanmu di tahun depan. Selain itu, kamu juga bisa langsung menyalurkan kurban melalui lembaga amil zakat yang sudah bekerja sama dengan Bank Muamalat sehingga rencana kurbanmu insya Allah akan terwujud. #MuamalatArtikel

Baca Juga :