Berita & Info
Berita & Info
Berita
2021-12-09

Inovasi Digital Bank Muamalat Diganjar Penghargaan Bergengsi

Jakarta, 9 Desember 2021 - Inovasi digital yang dilakukan oleh PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melalui aplikasi mobile banking Muamalat Digital Islamic Network (DIN) mendapatkan apresiasi lewat sejumlah penghargaan bergengsi.

Pada Rabu, 8 Desember 2021 bank syariah pertama di Indonesia ini diganjar penghargaan sebagai bank syariah dengan inovasi digital terbaik dalam ajang Anugerah Syariah Republika 2021 yang dilaksanakan secara virtual.

Dalam sambutannya, Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan apresiasi ini merupakan bentuk pengakuan pihak luar terhadap Bank Muamalat yang senantiasa melakukan inovasi digital yang merupakan salah satu pilar bisnis perseroan.

“Kami secara serius mengedepankan inovasi yang unggul dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi momentum bagi kita untuk terus memajukan keuangan syariah di Tanah Air,” ujarnya.

Sehari berselang, Muamalat DIN kembali mendapat penghargaan dalam ajang Top Mobile Application 2021 yang diselenggarakan oleh media Infobrand.id. Dalam ajang ini pemenang dinilai berdasarkan 3 aspek utama yakni installed based (60%), rating application based (30%), dan user experienced based (10%). Head of Information Technology Bank Muamalat Marjuki hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut yang dilaksanakan secara virtual.

Muamalat DIN diluncurkan pada 14 November 2019 dengan sejumlah pembaruan dalam hal user experience dan user interface dibandingkan aplikasi sebelumnya. Di antaranya adalah biometric login dimana nasabah dapat melakukan login ke Muamalat DIN dengan menggunakan sidik jari, kemudian pembayaran menggunakan kode respon cepat (QR Code) yang terkoneksi dengan QRIS Bank Indonesia, serta Smart Account Opening yang memungkinkan nasabah melakukan pembukaan rekening dan verifikasi secara online sebelum ke kantor cabang untuk melakukan aktivasi.

Muamalat DIN bisa di download melalui Google Play Store untuk pengguna sistem operasi Android dan App Store untuk pengguna sistem operasi iOS. Muamalat DIN juga bisa digunakan oleh non nasabah Bank Muamalat karena terdapat fitur konten Islami seperti kalkulator zakat, jadwal salat dan arah kiblat.

Dalam waktu dekat aplikasi Muamalat DIN akan disematkan fitur self maintenance dimana nasabah dapat melakukan unblock akses Muamalat DIN secara mandiri, unbind atau putus perangkat akses Muamalat DIN hingga melakukan pengaturan rekening secara mandiri.

Baca Juga :