Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-06-30

TIPS MENGATUR KEUANGAN UNTUK MILENIALS

Assalamualaikum BMers!
Biar pemasukan bulanan tetap terkontrol, kamu harus PPKM juga lho alias Pastikan Pengaturan KeuanganMu. Apalagi milenias jaman sekarang lebih banyak godaan keuangannya. Yuk, simak beberapa tipsnya berikut:

1. Kontrol Gaya Hidup
Gaya hidup yang berlebihan tentu akan mempengaruhi kondisi keuanganmu. Apabila kamu terlalu boros membeli berbagai hal hanya untuk memenuhi gaya hidup, maka kesehatan finansialmu juga akan terganggu. Untuk itu kamu perlu mengontrol gaya hidupmu. Gaya hidup berhubungan erat dengan keinginan, semakin banyak keinginan yang kamu penuhi semakin banyak pula pengeluaranmu. Untuk mulailah dengan mengontrol gaya hidupmu agar tidak menjadi semakin boros.

2. Batasi Pengeluaran Sesuai Kebutuhan
Keinginan dan kebutuhan merupakan 2 hal yang berbeda. Jika kamu ingin belum tentu kamu butuh. Namun, jika kamu butuh sudah tentu harus dipenuhi. Untuk itu fokuskan pengeluaranmu pada hal-hal yang memang kamu butuhkan, misal kebutuhan pokok. Atau jika kamu memang menginginkan sesuatu belilah secukupnya dan tidak berlebihan sehingga tidak mengganggu atau mengorbankan pos pengeluaranmu yang lain.

3. Hindari Hutang Konsumtif
Hutang konsumtif misalnya berhutang untuk membeli gadget keluaran terbaru. Hutang semacam ini tentu harus kamu hindari. Selain menggangu kesehatan finansialmu, gadget terbaru selalu mengalami perubahan dalam waktu cepat. Hutang konsumtif juga berhubungan dengan pengaturan gaya hidup, jadi mulailah tinggalkan hutang semacam ini.

4. Investasikan dengan Menabung
Menabung harus kamu jadikan hal yang prioritas. Buat beberapa pos tabungan khusus misalnya untuk transaksional, dana darurat, dana pensiun, asuransi maupun dana-dana lainnya. Jangan tergoda untuk menggunakan dana tersebut untuk hal-hal yang bersifat godaan atau keingian membeli sesuatu. Ingatlah bahwa tabungan yang kamu kumpulkan sekarang akan membawa manfaat di masa mendatang. #MuamalatArtikel

Baca Juga :