Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-07-27

TIPS MENABUNG UNTUK PEMULA

Assalamualaikum BMers!
Keinginan menabung yang besar terkadang menjadi tidak terlaksana karena berbagai hal. Untuk itu perlu strategi agar tidak hanya menjadi keinginan, namun terealisasi dengan baik. Simak beberapa tips dari Bank Muamalat sebagai berikut:

1. Sisihkan dana tabungan di awal
Saat memperoleh penghasilan baik dari gaji bulanan maupun hasil usaha, sisihkan untuk ditabung di awal. sehingga dana yang ditabung bukanlah dana sisa. Dengan demikian dana tabunganmu aman dan tidak terganggu digunakan untuk hal lainnya.

2. Gunakan fasilitas autodebit
Apabila kamu menabung di bank, maka gunakan fasilitas autodebet, misalnya pada tabungan rencana. Bank Muamalat juga memiliki produk Tabungan Rencana dengan fasilitas autodebit yang bisa kamu manfaatkan lho! Setoran minimal setiap bulan cukup terjangkau yaitu Rp50 ribu saja. Jangka waktu menabung juga bisa kamu tentukan mulai dari 3 bulan sampai 20 tahun. Dengan fasilitas autodebit, kamu akan terhindar dari resiko lupa menabung di tanggal yang sudah kamu tentukan. Karena danamu akan terpotong secara otomatis melalui sistem.

3. Coba sisihkan sedikit demi sedikit per hari
Jika kamu kesulitan untuk menabung dalam jumlah besar, maka memulainya dengan Rp10 ribu per hari bisa menjadi alternatif. Kamu bisa gunakan dompet, amplop atau celengan khusus sebagai tempatnya. Setelah terkumpul selama sebulan dana ini bisa kamu kamu setor ke rekening tabunganmu. Tapi ingat, jangan tergoda untuk menggunakannya ya.

4. Alihkan dana konsumtif untuk ditabung
Jika kamu sering memiliki keinginan belanja, maka sudah saatnya mengalihkan dana belanjamu untuk ditabung. Apabila yang kamu belanjakan hanya berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan penting, maka dana ini bisa menjadi dana yang bisa kamu maksimalkan untuk ditabung. Namun, sesekali kamu boleh juga berbelanja sebagai hadiah kepada dirimu karena berhasil menabung. Jadi danamu tidak smeuanya kamu belanjakan ya.

Nah, mudahkan? Yuk, buat kamu yang baru mulai menabung, di Bank Muamalat aja. Bank Muamalat merupakan Bank Syariah pertama yang insyaallah murni syariah. #MuamalatArtikel

Baca Juga :