Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-06-14

Sudahkah Kamu Mempersiapkan Dana Darurat?

Assalamualaikum BMers!
Dana darurat merupakan salah satu pos keuangan yang sangat penting. Namun terkadang sebagian orang meremehkan pos alokasi dana darurat ini. Sehingga pada saat ada keperluan yang mendesak, baru memahami betapa pentingnya alokasi dana darurat.

Mungkin masih banyak juga BMers yang bahkan belum memiliki simpanan dana darurat ini. Apa sih dana darurat itu? Dana darurat adalah uang yang tersedia dan mudah diambil sewaktu - waktu untuk kebutuhan yang mendesak dan tidak disangka-sangka yang memerlukan tindakan segera.

Kebutuhan mendesak ini misalnya sakit, kehilangan ponsel, kecelakaan, kerusakan pada rumah,dan kendaraam. Agar dana darurat tetap aman, maka harus kamu simpan di rekening yang terpisah dari rekening transaksional yang biasa digunakan sehari-hari.

Syarat ideal dana darurat:
1. Dicadangkan secara khusus dan rutin
2. Hanya digunakan untuk kebutuhan darurat
3. Bisa dicairkan secara cepat
4. Nilainya minimum 3 kali pengeluaran bulanan

Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk mulai menyisihkan dana daruratmu sejak dini. Dana-dana tambahan di luar penghasilan bulananmu seperti bonus tahunan, THR, maupun penghasilan tambahan juga dapat kamu sisihkan sebagai dana darurat.

Dana darurat bisa kamu simpan di tabungan di luar tabungan transaksional sehari-hari  maupun instrumen lainnya yang mudah dicairkan sewaktu-waktu. Namun ingat, meskipun dapat dicairkan dengan mudah, tapi jangan tergoda untuk mengambilnya untuk kebutuhan di luar kebutuhan mendesak. #MuamalatArtikel

Baca Juga :