Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Apr 08, 2019

Saya mau jadi pemadam kebakaran aja Pak kata Fajar.

 

Pada 4 April 2019 lalu, Bank Muamalat bekerjasama dengan Baitulmaal Muamalat (BMM) dan PKPU Human Initiative turun langsung ke Kampung Pemulung Koja, Jakarta Utara untuk melaksanakan Volunteer Day.

 

Kegiatan ini diikuti oleh Direksi dan pewakilan dari para karyawan Bank Muamalat selaku volunteer dalam Acara tersebut. Kegiatan diawali dengan berbagai sambutan baik dari Baitulmaal Muamalat, PKPU Human Initiative, maupun Direktur Utama Bank Muamalat Bapak Achmad K. Pemana. Setelah berbagai sambutan selanjutnya adalah pemberian bantuan bagi warga sekitar di kampung pemulung koja berupa perlengkapan masjid dan perlengkapan belajar mengajar seperti karpet, meja belajar, papan tulis, dan sejenisnya.

 

     

 

Selain mengenalkan mengenai pengelolaan keuangan sejak dini, Bank Muamalat juga membantu melengkapi fasilitas pembelajaran berupa buku pelajaran dan permainan edukatif. Bantuan tersebut berasal dari sumbangan karyawan Bank Muamalat.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan dongeng dan cerita yang dibawakan oleh tim dari PKPU Human Initiative. Anak-anak yang hadirpun terlihat begitu antusias dan bersemangat mengikuti rangkaian acara tersebut.

 

Disela-sela kegiatan, Bapak Achmad K. Permana bersama Lurah Tugu Selatan, Bapak Sukarmin dan para volunteer juga mengunjungi pemukiman di daerah tersebut. Kampung pemulung Koja sesuai dengan namanya dihuni oleh mereka yang berprofesi sebagai pemulung dengan pendapatan sekitar 50 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah perharinya. Kawasan tersebut jauh dari layak untuk tempat tinggal karena berserakan sampah dimana-mana, namun disanalah warga menyambung hidup.

 

    

 

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi dan dukungan bagi para warga dan anak-anak sekitar untuk terus bersemangat dalam mencapai impian dan cita-cita mereka. Dalam kunjungan tersebut Bapak Achmad K. Permana bertemu dengan Fajar, seorang anak pemulung berusia 9 tahun yang bercerita bahwa dia bercita-cita ingin menjadi seorang pemadam kebakaran. Cita-cita mulia tersebut berawal dari pengalaman buruknya ketika terjadi peristiwa kebakaran yang mengakibatkan rumahnya dan tetangga sekitar habis dilahap api. Dari cerita tersebut sesungguhnya banyak sekali anak-anak disana yang memiliki impian dan cita-cita mulia yang ingin mereka wujudkan.

 

    

 

Pada sesi terakhir para volunteer diberikan kesempatan untuk turut bermain dan memberikan motivasi kepada anak-anak disana. Ada yang bercerita, membantu membaca, mewarnai, menggambar, dan berbagai bentuk permainan edukatif lainnya. Terlihat rona wajah ceria dari anak-anak tersebut seolah hal tersebut adalah hal yang amat langka bagi mereka.

 

Dari rangkaian tersebut diatas, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan rasa kemanusiaan sekaligus bentuk nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan. Anak-anak di lingkungan pemulung juga diharapkan dapat terinspirasi sehingga bersemangat untuk belajar dan mengejar cita-citanya.Semoga kedepannya Bank Muamalat dapat memberikan lebih banyak kontribusi yang bermanfaat bagi kemanusiaan, lingkungan dan perekonomian umat. Aamiin

 

    

 

    

Baca Juga :