Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-08-12

PERBEDAAN ZAKAT, INFAK,& SEDEKAH

 

Assalamualaikum BMers!


Sebagai umat muslim kita tentu sudah tidak asing dengan istilah zakat, infak dan sedekah. Namun ketiganya memiliki perbedaan lho! Kali ini Bank Muamalat akan membahas perbedaanya. Yuk, simak  penjelasannya berikut ya.

 

Zakat

Secara bahasa Zakat berasal dari kata zakah, yang artinya bersih, suci, subur, dan berkembang. Sedangkan secara istilah, zakat adalah sebagian harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim untuk diberikan kepada yang berhak menerima zakat atau disebut “mustahiq”. Zakat hukumnya wajib (fardhu ain) dan termasuk dalam rukun Islam yang ke-empat. Seseorang yang memiliki harta, dan hitungan hartanya telah mencapai nisab serta haul, maka hukumnya wajib membayar zakat. 

 

Infak

Infak berasal dari kata “anfaqa-yunfuqu” yang artinya membelanjakan harta di jalan Allah subhanahu wa ta’ala. Secara istilah, infak artinya mengeluarkan sebagian harta atau penghasilan yang kita miliki untuk menjalankan kepentingan yang diperintahkan dalam ajaran Islam. Berbeda dengan zakat, infak tidak mengenal nisab atau jumlah harta yang dimiliki oleh seorang muslim. Tidak ada kewajiban dalam infak untuk disalurkan kepada mustahiq sehingga dapat diberikan kepada anak, keluarga, sanak saudara, tetangga, dan sebagainya. Karena tidak memiliki hukum wajib mencapai nisab, maka infak dapat dilakukan oleh siapapun dan bagaimanapun kondisinya

 

Sedekah

Sedekah secara bahasa berasal dari “shadaqa”, yang artinya ‘benar’. Secara istilah, sedekah adalah pemberian yang dilakukan seorang muslim kepada seorang muslim secara ikhlas dan sukarela, tak terbatas waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari zakat dan infak. Sedekah dapat berupa bentuk materi maupun non materi. Contoh sedekah non materi misalnya dengan senyum. Jadi siapapun bisa bersedekah meskipun tidak memiliki materi dengan jumlah tertentu.

Nah, jika kamu sudah tau perbedaannya, yuk segera tunaikan zakat, infak dan sedekahmu. Kamu juga bisa lho menunaikan ketiganya melalui aplikasi Muamalat DIN. Ada pillihan masing-masing dengan beberapa lembaga pengumpul zakat, infaq, dan sedekah yang bisa kamu pilih. Kamu bisa unggah aplikasinya melalui PlayStore maupun App Store. Semoga kita menjadi orang-orang yang bisa menunaikan ketiganya. #ArtikelMuamalat #MuamalatArtikel

Baca Juga :