Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Fitur-fitur yang melekat pada mobile banking syariah Muamalat DIN
2022-01-17

Fitur-fitur Unggulan Mobile Banking Syariah Muamalat DIN (MDIN) dari Bank Muamalat Indonesia

Muamalat DIN merupakan mobile banking syariah dari Bank Muamalat Indonesia yang dapat diakses kapan pun & di mana pun. Sejak diluncurkan pada tahun 2019, Muamalat DIN terus memberikan inovasi melalui fitur-fiturnya. Hingga saat ini, sudah terdapat beberapa fitur unggulan yang terus dikembangkan demi kemudahan dan kenyamanan Nasabah dalam bertransaksi online.

 

Beberapa fitur unggulan mobile banking syariah Muamalat DIN di antaranya: Sistem Keamanan (device binding, password, TIN, dan autentikasi biometric), Kepraktisan (single portofolio, smart transfer, transaksi terjadwal dan /atau berulang, auto save receipt & share receipt, serta menu favorit), Informasi Produk & Promo (sales trigger dan pas untukmu (untuk pengguna tertentu)).

Dari sisi sistem keamanan, setiap pengguna mobile banking syariah Muamalat DIN hanya dapat terhubung pada 1 perangkat yang didaftarkan pada sistem. Apabila ingin berganti perangkat, Nasabah dapat menghubungi SalaMuamalat atau customer service untuk dilakukan unbinding device (perubahan ke device yang baru). Untuk login ke dalam akun mobile banking syariah Muamalat DIN, Nasabah akan diminta memasukan password yang terdiri dari 8-15 digit berupa kombinasi antara huruf besar, kecil dan angka. Sedangkan sebagai autentikasi ketika Nasabah melakukan transaksi, maka harus memasukkan transaction identification number (TIN) yang terdiri dari 6 angka. TIN didaftarkan pada saat Nasabah melakukan registrasi mobile banking syariah Muamalat DIN dan akan diminta 2 digit secara acak pada saat Nasabah melakukan transaksi. Selain itu terdapat fitur login dengan menggunakan teknologi autentikasi biometric berupa sidik jari/fingerprint scanner dan/atau face id (khusus untuk ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur tersebut).

Dari sisi kepraktisan Nasabah dapat intip saldo tanpa harus login ke dalam mobile banking syariah Muamalat DIN serta terdapat single portofolio pada halaman utama ketika Nasabah berhasil login pada akun mobile banking syariah Muamalat DIN. Nasabah akan diinformasikan portofolio yang dimiliki Nasabah di Bank Muamalat. Portofolio yang akan muncul berupa informasi saldo dan mutasi atas rekening tabungan, giro, deposito dan sukuk Nasabah di Bank Muamalat Indonesia. Jika Nasabah tidak menginginkan saldo yang langsung terlihat ketika login pada akun Muamalat DIN, terdapat juga fitur hide dan unhide saldo. Kemudian ada smart transfer, yaitu salah satu fitur pada Muamalat DIN di mana secara otomatis sistem dapat mengidentifikasi (berdasarkan bank tujuan dan nominal transaksi) serta merekomendasikan jenis metode transfer yang menjadi kebutuhan Nasabah.

Pada mobile banking syariah Muamalat DIN terdapat juga fitur transaksi terjadwal atau berulang, yaitu fitur yang dapat digunakan oleh Nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial secara berulang atau terjadwal seperti transfer online, pembayaran tagihan, dan isi ulang. Kemudian ada auto save receipt dan share receipt fitur di mana Nasabah tidak perlu lagi melakukan capture secara manual bukti transaksi karena sistem akan secara otomatis menyimpan setiap bukti transaksi yang dilakukan oleh Nasabah di galeri gambar yang kemudian dapat dibagikan langsung oleh Nasabah ke berbagai aplikasi lainnya. Menu favorit fitur juga disediakan untuk dapat mengakses dengan cepat transaksi yang disimpan sebagai transaksi favorit Nasabah, baik transaksi transfer, top up ataupun payment.

Dari sisi informasi produk & promo mobile banking syariah Muamalat DIN terdapat sales trigger yang merupakan salah satu fitur promosi yang akan ditawarkan kepada para Nasabah terpilih untuk dapat dimanfaatkan. Selain itu ada Pas UntukMu (khusus bagi pengguna terpilih) yaitu salah satu fitur di mana Nasabah dapat mengetahui produk dan promo apa saja yang dapat mereka gunakan.

Baca Juga :