Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-10-08

BAGAIMANA SIH CARA MEMAKSIMALKAN TABUNGAN UNTUK MASA DEPAN?

Assalamualaikum BMers!

Punya tabungan saja ternyata tidak cukup jika tidak dimaksimalkan dengan baik. Nah, tabungan yang disebut maksimal itu seperti apa sih? Apakah jumlahnya harus banyak? Bicara tentang jumlah tabungan, tentu semua orang ingin punya dana tabungan yang banyak. Namun, kondisi keuangan setiap orang juga berbeda. Maksimal di sini bisa diartikan bahwa dana yang kamu setor ke tabunganmu baik secara harian, mingguan, maupun bulanan bisa berjalan lancar dan dapat terisi secara berkelanjutan.

 

Lalu, bagaimana caranya agar tabunganmu bisa lebih maksimal? Kali ini Bank Muamalat akan membagikan 4 cara yang bisa kamu terapkan agar tabunganmu jadi lebih maksimal dan terhindar dari “boncos” seperti berikut:

 

  1. Tentukan tujuan dan prioritas menabungmu

Tujuan menabung setiap orang tentu berbeda. Ada yang ingin menabung untuk membeli rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan, biaya untuk anak, dan lainnya. Dengan menentukan tujuan awal menabung kamu bisa mengukur jangka waktu maupun jumlah dana yang harus kamu sisihkan. Hal ini tentu harus disesuaikan juga dengan jumlah pendapatanmu setiap bulannya, agar danamu bisa dibagi dengan porsi yang sesuai. Tujuan menabung juga bisa kamu bagi ke dalam beberapa kategori yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Dari situ kamu bisa menentukan mana yang akan kamu jadikan prioritas.

  1. Batasi pengeluaran konsumtif

Adakalanya kita ingin membeli sesuatu bukan hanya karena kebutuhan, namun lebih kepada keinginan, atau se simpel “waah lucu beli ah!”. Sebetulnya tidak masalah apabila kita membeli barang yang kita inginkan, hitung-hitung sebagai self reward. Namun, hal tersebut perlu dibatasi agar pengeluaranmu tidak boros. Jika pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan, akhirnya bisa ditebak: bukannya menabung bisa jadi malah berhutang. Tentu kamu tidak ingin demikian bukan?

 

  1. Buat tabungan rencana dengan sistem autodebit

Salah satu solusi memaksimalkan tabunganmu adalah dengan membuka tabungan rencana. Apalagi tabungan rencana sudah dilengkapi dengan sistem autodebit yang mana tabunganmu akan disetorkan secara otomatis dari rekening induk ke rekening tabungan rencanamu. Hal ini tentu akan sangat membantumu dalam menabung, apalagi jika kamu sering lupa. Mau yang lebih berkah? Kamu bisa membuka tabungan rencana syariah. Saat ini produk tabungan rencana syariah sudah tersedia juga di berbagai bank syariah, seperti yang dimiliki Bank Muamalat bernama Tabungan Hijrah Rencana. Melalui Tabungan Hijrah Rencana ini, kamu bisa mewujudkan berbagai rencana masa depan sesuai dengan kebutuhanmu. Setoran rutinnya ringan mulai Rp100 ribu dan bebas biaya administrasi. Selain itu, setiap bulannya kamu juga tetap memperoleh bagi hasil. Jangka waktunya juga bisa disesuaikan mulai dari 3 bulan sampai dengan 20 tahun. Jadi, kamu bisa membuat pos tabungan sesuai dengan 3 kategori yang sudah dijelaskan sebelumnya (jangka pendek, menengah, dan panjang) dengan menyesuaikan jangka waktu untuk masing-masing tabunganmu.

 

  1. Tetap persiapkan dana darurat

Dana darurat merupakan dana yang harus selalu kamu persiapkan. Mengapa? Karena hal-hal tidak terduga yang membutuhkan dana cepat di kemudian hari tidak bisa kita prediksi. Untuk itu pos dana darurat harus selalu kamu persiapkan agar dana tabunganmu untuk pos lainnya tidak terganggu dan tetap dapat kamu maksimalkan dengan baik.

 

Bagaimana BMers? Apakah sudah siap memaksimalkan tabunganmu tahun ini? Yuk, mulai dari sekarang karena pengelolaan keuangan yang baik akan berdampak baik pula untuk masa depanmu. #ArtikelMuamalat #MuamalatArtikel

Baca Juga :