Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-10-07

BAGAIMANA MENGHINDARI MODUS KEJAHATAN YANG MENGATASNAMAKAN BANK MUAMALAT?

Assalamualaikum BMers!
 
Saat ini berbagai macam modus kejahatan yang mengatasnamakan bank sudah banyak bermunculan. Baik bank syariah maupun bank konvensional juga turut merasakan dampaknya, begitu juga dengan Bank Muamalat. Dengan adanya berbagai modus kejahatan ini, target utama para pelaku tentu adalah Nasabah dari bank yang bersangkutan. Modus kejahatan yang mengatasnamakan bank semacam ini dapat merugikan Nasabah secara financial maupun nama baik dari bank yang bersangkutan. Untuk itu Nasabah diharapkan agar lebih berhati-hati agar tidak terkena modus ini. Khusus untuk Nasabah Bank Muamalat, ada tips dan kiat untuk mencegah modus kejahatan ini.
 
Yang pertama, pastikan Anda hanya menghubungi kontak resmi Bank Muamalat baik nomor telepon, email, maupun sosial media. Berikut beberapa kontak resmi Bank Muamalat:
Nah, pastikan seluruh kontak resmi sesuai dengan yang sudah tercantum di atas. Apabila kamu mendapati informasi yang mengatasnamakan Bank Muamalat di luar kontak resmi tersebut, maka segera abaikan hal tersebut karena bisa jadi itu adalah modus penipuan. Selain itu, kamu juga harus lebih teliti sebelum membuka link/tautan yang dikirimkan melalui email/SMS/WhatsApp dari pengirim yang tidak dikenal.
 
Selanjutnya, jaga informasi diri berupa KTP (kartu tanda penduduk) serta data keuanganmu (nomor kartu, masa berlaku kartu, nomor CVV, nomor rekening, PIN ATM, kode OTP, foto kartu ATM dan sebagainya). Jika kamu ternyata mengalami kerugian financial, maka segera laporkan ke kantor kepolisian terdekat dan lapor juga ke kantor cabang Bank Muamalat tempat kamu melakukan pembukaan rekeningmu agar segera dapat ditindaklanjuti. Selanjutnya, kamu tetap harus lebih berhati-hati dan waspada dengan modus kejahatan perbankan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk BMers semua. #ArtikelMuamalat #MuamalatArtikel
 
 

Baca Juga :