Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-10-04

BAGAIMANA MENGAMANKAN DANA PENDIDIKAN ANAK DARI RISIKO KEHIDUPAN?

Assalamualaikum BMers!

Setiap orang tua menginginkan hal yang terbaik bagi anak tercinta. Salah satunya adalah pendidikan terbaik, misalnya melalui sekolah dengan fasilitas dan kualitas yang baik. Namun, hal tersebut tentu akan berhubungan langsung dengan anggaran biaya yang dikeluarkan. Semakin baik fasilitas dan kualitasnya tentu biayanya juga semakin tinggi. Ditambah lagi ada beberapa tahap jenjang pendidikan anak dimulai dari TK, SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Selain itu, biaya pendidikan juga bervariasi dan biasanya mengalami kenaikan setiap tahunnya, sehingga dana pendidikan anak yang dipersiapkan sejak awal akan meringankan biaya-biaya lainnya di kemudian hari.

 

Namun, ada hal yang sering terlupakan oleh para orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan anak yaitu resiko kehidupan (risiko kematian di masa mendatang). Oleh sebab itu, sangat penting bagi para orang tua mempersiapkan proteksi agar pendidikan anak tetap aman di kemudian hari meskipun orang tua bisa jadi mengalami risiko kehidupan.

 

Lalu, bagaimana cara mempersiapkan dana pendidikan anak? Yang pertama tentu dengan menyisihkan sebagian dana untuk kebutuhannya kelak. Semakin awal dana yang disiapkan, semakin ringan di kemudian hari. Untuk menentukan jumlah dana yang harus dikeluarkan setiap bulan, maka Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu biaya dari masing-masing jenjang pendidikan, seperti uang pangkal, SPP, uang semester dan lain-lain. Perhitungkan pula kenaikan biaya tersebut dari tahun ke tahun akibat inflasi.

 

Untuk membantu perencanaan dana pendidikan, Anda juga dapat membuka asuransi pendidikan anak. Agar lebih berkah dan optimal, Anda dapat memilih produk asuransi syariah. Saat ini sudah banyak juga bank syariah yang menyediakan produk asuransi pendidikan syariah untuk anak, salah satunya melalui produk Asuransi Jiwa Syariah Hijrah Cendekia di Bank Muamalat. Asuransi Jiwa Syariah Hijrah Cendekia merupakan suatu program asuransi dan tabungan yang menyediakan pola penarikan dana disesuaikan dengan kebutuhan dana terkait biaya pendidikan anak (penerima hibah) serta memberikan manfaat berupa pembayaran santunan kepada ahli waris apabila peserta meninggal dunia atau cacat tetap total dalam periode akad.

 

Dengan demikian produk ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan tabungan biasa. Bila seorang pencari nafkah yang menabung di tabungan biasa wafat, maka dana yang bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan anak hanyalah sejumlah saldo yang telah terhimpun saja. Sedangkan bila menabung di Hijrah Cendekia maka apabila terjadi risiko wafat atau cacat tetap total pada pencari nafkah, dana yang dapat dicairkan adalah sebesar saldo terhimpun ditambah dengan santunan. Dengan demikian rencana pendidikan anak dapat lebih terlindungi kepastiannya, insyaallah.

 

Nah, apabila Anda memiliki pertanyaan seputar produk Asuransi Jiwa Syariah Hijrah Cendekia ini, Anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi melalui layanan SalaMuamalat yang dapat diakses baik melalui nomor telepon, e-mail maupun nomor Whatsapp secara online di nomor 081280651800.

 

Jadi, di tangan Anda-lah kepastian masa depan pendidikan anak dan melakukan investasi sejak dini memang suatu keharusan. Kalau tidak dari sekarang, kapan lagi? #MuamalatArtikel

Baca Juga :