Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-09-27

Bagaimana Bank Muamalat Indonesia Menjawab Kebutuhan Nasabah di Era Digital?

Assalamualaikum BMers!

 

Sebagai bank pertama yang murni syariah di Indonesia, citra islami sudah sangat melekat pada Bank Muamalat Indonesia seiring perkembangan zaman. Bank Muamalat terus membuktikan komitmennya untuk tidak saja mengusung citra islami, namun juga modern dan profesional. Termasuk di dalamnya, sejumlah gebrakan baru untuk menyuguhkan layanan perbankan digital bagi para Nasabah. Apa saja layanan perbankan digital Bank Muamalat? Silakan disimak!

 

  1. Mobile Banking Muamalat M-DIN

 

Pesatnya perkembangan ponsel pintar dan aplikasi yang memudahkan transaksi digital dan telekomunikasi dalam satu dekade terakhir, membuat Bank Muamalat Indonesia bangga menghadirkan sebuah inovasi aplikasi mobile banking Muamalat DIN (M-DIN) untuk mempermudah Nasabah bertransaksi hanya semudah sentuhan jari tanpa harus menginjakkan kaki keluar rumah.

Sebagai sebuah aplikasi layanan mobile banking Bank Muamalat Indonesia yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh seluruh penggunanya baik Nasabah ataupun nonNasabah, Muamalat DIN (M-DIN) memiliki beragam fitur menarik, mulai dari dari fitur finansial seperti transfer online sesama Bank Muamalat dengan batas transaksi harian hingga 250 juta, pengisian pulsa, top up uang elektronik seperti Gopay dan OVO, pembayaran zakat, virtual account hingga pembayaran listrik dan dana pensiun. Selain itu, Nasabah juga dapat membuka rekening tabungan iB Hijrah, Tabungan Haji hingga deposito secara online melalui M-DIN.

Muamalat DIN juga dilengkapi fitur MQRIS, pembayaran QR code yang tidak saja dapat digunakan dengan cara scan langsung, namun juga upload QR code yang sudah tersimpan di galeri ponsel.

Yang menjadi pembeda, Muamalat DIN (M-DIN) Bank Muamalat Indonesia juga menghadirkan sisi nonfinansial di mana fitur yang dapat dinikmati Nasabah di antaranya berkaitan dengan konten islami seperti arah kiblat, jadwal salat hingga hadis harian untuk membantu nasabah muslim beribadah dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Dari segi keamanan, Muamalat M-DIN Bank Muamalat Indonesia juga dilengkapi biometric login (login dengan sidik jari atau face recognition) sehingga tidak hanya memudahkan Nasabah dalam masuk ke aplikasi, namun juga aman dan terpercaya.

Aplikasi Muamalat DIN (M-DIN) Bank Muamalat Indonesia tersedia dalam versi Android dan iOS  

  1. Internet Banking

Sebagai pelengkap Muamalat M-DIN, Bank Muamalat Indonesia juga memiliki layanan digital yang bisa diakses menggunakan browser, yaitu Internet Banking Muamalat . Internet Banking Muamalat dilengkapi dengan fitur mPassCode yakni kode verifikasi transaksi yang dikirimkan ke nomor ponsel Nasabah yang terdaftar dan hanya bisa digunakan satu kali per transaksi untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi.

Aktivasi Internet Banking Muamalat bisa dilakukan gratis melalui ATM maupun membuka langsung akses iB Muamalat. Untuk lengkapnya bisa klik tautan link berikut: Tata Cara Pendaftaran Internet Banking Muamalat :

Keunggulan Internet Banking Muamalat selain memberikan informasi rekening  yang lebih komprehensif daripada Muamalat DIN, Internet Banking Muamalat juga menawarkan fitur pembelian SUKUK.

 

  1. CASH MANAGEMENT SOLUTION

Untuk Nasabah korporasi, Bank Muamalat Indonesia menawarkan layanan Cash Management Solutions (CMS) yang menawarkan berbagai jasa layanan untuk Nasabah nonindividual, yang terbagi menjadi fund collection, account pooling services hingga payments.

Fund collection merupakan fitur CMS yang cocok untuk lembaga pendidikan untuk pengumpulan dana SPP hingga uang gedung, atau rumah sakit untuk pembayaran pasien perorangan bahkan hingga pembayaran kerja sama dengan pihak gedung atau parkiran untuk pasien atau pengunjung rumah sakit. Fitur ini juga kerap digunakan oleh Nasabah perusahaan asuransi untuk pembayaran premi reguler, top up hingga pembayaran kerja sama dengan bank (bancassurance) hingga agen asuransi.

Remitansi untuk Nasabah korporasi yang membutuhkan jasa pengiriman dana atau pembayaran ke luar negeri menggunakan valuta asing yang juga menjadi bagian salah satu produk unggulan dari CMS Bank Muamalat.

Dari sisi collection services, virtual account yang merupakan nomor identifikasi khusus yang dibuat unik untuk pengguna yang berguna sebagai pembayaran ke nomor tujuan sebagai identifikasi tagihan seperti jual beli online, bisnis properti hingga penjualan tiket transportasi. Virtual account juga menjadi salah satu produk ungulan Bank Muamalat Indonesia. Keamanan cash management diperkuat dengan 3 tingkat approval yang terdiri dari maker, checker dan approver di tahap akhir.

Di zaman yang serba cepat dan online seperti sekarang, Bank Muamalat Indonesia akan terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur tambahan yang diharapkan dapat memanjakan nasabah tidak hanya sebagai produk layanan yang aman dan terpercaya, namun juga sebagai sebuah kontribusi Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah yang senantiasa berupaya memberikan layanan terbaik bagi Nasabah.

Baca Juga :