Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-11-01

APA SAJA SIH KEMUDAHAN TRANSAKSI MELALUI MOBILE BANKING SYARIAH DI MUAMALAT DIN?

Assalamualaikum BMers!

Saat ini aplikasi mobile banking sudah menjadi suatu kebutuhan bagi para Nasabah. Baik bank syariah maupun bank konvensional juga sudah memiliki layanan ini. Bank Muamalat menghadirkan mobile banking syariah yaitu Muamalat DIN yang juga merupakan aplikasi unggulan untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan dan perbankanmu di era digital saat ini. Lalu, kemudahan dan kenyamanan apa saja sih yang ditawarkan melalui fitur mobile banking syariah di Muamalat DIN ini? Yuk, simak penjelasannya berikut!

 

Kemudahan yang pertama dari fitur Smart Transfer yang merupakan salah satu fitur pada mobile banking syariah Muamalat DIN, di mana sistem akan secara otomatis dapat mengidentifikasi dan merekomendasikan jenis metode transfer yang sesuai dengan kebutuhan Nasabah berdasarkan bank tujuan dan nominal transaksi.

 

Kemudahan selanjutnya dari fitur transaksi terjadwal dan berulang di mobile banking syariah Muamalat DIN. Fitur ini membuat Nasabah  tidak akan terlewat dalam melakukan transfer dan pembayaran tagihan. Ketika Nasabah memilih fitur transaksi terjadwal saat akan melakukan transaksi, maka terdapat pilihan tanggal proses transaksi yang akan dilakukan, sehingga transaksi akan dijalankan pada tanggal yang sudah dipilih tersebut. Sedangkan pada fitur berulang terdapat beberapa pilihan waktu yaitu berulang harian, mingguan, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan serta tahunan. Nasabah Bank Muamalat bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan. Terdapat juga pilihan hari, tanggal mulai dan tanggal berakhir dari masing-masing pilihan jadwal transfer yang dipilih oleh Nasabah. Jadi, kapan pun Nasabah Bank Muamalat ingin mengubah waktu transaksi terjadwal maupun berulangnya, maka bisa dilakukan kapan pun dan sangat fleksibel. Fitur-fitur ini dapat digunakan oleh Nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial secara terjadwal maupun berulang seperti transfer online, pembayaran tagihan, dan isi ulang. Segala urusan transaksi perbankan jadi lebih mudah tanpa perlu antri untuk berbagai jenis pembayaran melalui mobile banking syariah di Muamalat DIN.

 

Tidak sampai di situ, kemudahan lainnya pada mobile banking syariah Muamalat DIN juga terdapat pada fitur Muamalat QRIS (quick response code Indonesian standard). Dengan Muamalat QRIS transaksi jadi lebih praktis dan efisien karena Nasabah hanya perlu menggunakan Muamalat DIN untuk melakukan pembayaran di seluruh merchant yang terhubung QRIS, baik merchant berasal dari bank ataupun non bank sehingga tidak perlu melakukan pengisian saldo uang elektronik. Kedepannya nanti, pembayaran melalui QR code akan semakin luas sehingga Nasabah Bank Muamalat tentu akan lebih terbantu dengan fitur Muamalat QRIS yang sudah tersedia di mobile banking syariah Muamalat DIN ini.

 

Muamalat QRIS juga lebih aman dan nyaman karena semua transaksi sudah berbasis digital. Nasabah tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk melakukan pembayaran, sehingga potensi kejahatan yang dapat timbul karena membawa uang tunai dapat diminimalisir.  Selain dengan melakukan scan langsung pada QR code di merchant yang tersedia, saat ini pembayaran QRIS di mobile banking syariah Muamalat DIN juga dapat dilakukan tanpa tatap muka atau biasa disebut QRIS TTM. Penjual hanya perlu mengirimkan QR code melalui aplikasi chat misalnya Whatsapp kepada pembeli, kemudian pembeli tinggal melakukan upload QR code di Muamalat DIN dan pembayaran bisa langsung diproses melalui mobile banking syariah di Muamalat DIN. Praktis, bukan? Selain itu, aktivitas transaksi juga tercatat. Setiap pembayaran yang dilakukan oleh Nasabah akan tercatat secara otomatis melalui mutasi rekening. Jadi, Nasabah dapat melihat history transaksi misalnya pembayaran apa saja yang sudah dilakukan. Dengan melihat history ini, Nasabah bisa melihat kapan pun transaksi sebelumnya sehingga terhindar dari resiko lupa. Tinggal cek tanggal transaksi, beres!

 

Transaksi menggunakan Muamalat QRIS di mobile banking syariah Muamalat DIN jadi lebih higienis karena pembayaran melalui Muamalat QRIS merupakan pembayaran nir sentuh yang dapat meminimalisir risiko bakteri dan virus yang menempel pada uang tunai. Tidak kalah penting, transaksi melalui Muamalat QRIS juga dapat menekan peredaran uang palsu yang masih marak terjadi. Aplikasi Muamalat DIN bisa diunduh melalui PlayStore dan App Store. Jadi, tunggu apa lagi? Sudah banyak berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, pakai mobile banking syariah Muamalati DIN dan nikmati berbagai kemudahan transaksi online-mu! #MuamalatArtikel

Baca Juga :