Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
2021-08-19

ALASAN KAMU HARUS MULAI MENABUNG DARI SEKARANG

Assalamualaikum BMers!

Himbauan menabung tentu sudah tidak asing lagi bagimu. Namun, kenyataannya masih banyak juga orang yang belum memiliki dan mempersiapkan tabungannya. Padahal ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan menabung. Kali ini Bank Muamalat akan membahas beberapa alasan kamu harus menabung dari sekarang.

  1. Sebagai Dana Darurat

Kondisi darurat yang memerlukan dana tunai merupakan hal yang tidak bisa kita prediksi kapan datangnya, namun hal ini bisa kita antisipasi dengan menabung. Dengan menyisihkan sebagian dari pendapatan kita setiap bulan ke pos dana darurat, insyaallah dana ini akan sangat bermanfaat dikemudian hari. Kebutuhan tunai dana darurat misalnya untuk perbaikan rumah bocor, perbaikan kendaraan, dana untuk membantu saudara yang mendadak terkena musibah, dan sebagainya. Pisahkan dana darurat ini ke dalam pos khusus yang tidak tercampur dengan dana transaksi harianmu.

 

  1. Memiliki Persiapan Biaya untuk Berbagai Rencanamu

Setiap orang memiliki rencana berbeda terkait pengelolaan keuangannya. Ada yang ingin membeli rumah, kendaraan, atau gadget terbaru. Ada yang berencana menikah, ingin melanjutkan pendidikan, atau keinginan lainnya yang memerlukan dana yang cukup. Dengan menabung, kamu bisa merencanakan berbagai hal tersebut sehingga kamu memiliki target yang nyata untuk direalisasikan.

 

  1. Terbebas dari Hutang

Salah satu penyebab hutang adalah tidak tersedianya dana tunai yang dibutuhkan. Untuk itu menabung bisa jadi solusinya. Dengan mencadangkan tabungan ke berbagai pos yang berbeda, berarti kamu mempersiapkan berbagai kemungkinan di masa mendatang termasuk agar terbebas dari hutang.

 

  1. Untuk Persiapan Dana Hari Tua

Semakin usia bertambah akan ada saat di mana seseorang memasuki masa pensiun. Masa pensiun ini berarti sudah tidak dalam masa produktif bekerja sehingga kemungkinan pendapatan bulananmu ketika bekerja di usia produktif akan terhenti. Untuk itu, persiapan menabung sejak awal menjadi sangat penting. Mungkin setelah masa pensiun kamu akan memperoleh pesangon, namun tentu saja uang pesangon juga akan habis. Apabila kamu menabung sejak dini, dana yang terkumpul bisa menjadi tambahan yang dapat kamu gunakan untuk modal usaha agar memperoleh penghasilan lagi.

 

Kalau begitu, yuk mulai menabung dari sekarang. Bank Muamalat juga memiliki berbagai jenis tabungan yang disesuaikan dengan kebutuhanmu lho! Pembukaannya mudah bisa secara online melalui link ini.  Bisa buka tabungan sambil rebahan di rumah, jadi nggak ada alasan lagi untuk tidak menabung. #MuamalatArtikel #ArtikelMuamalat

Baca Juga :