Tentang Muamalat
Tentang Muamalat
CSR
Sep 25, 2015

Muamalat Salurkan 203 Ekor Hewan Qurban Kepada Kaum Dhuafa

Jakarta, 25 September 2015 – Seiring dengan hadirnya Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah, Bank Muamalat Indonesia (“Bank Muamalat”) bekerjasama dengan Baitulmaal Muamalat (BMM) menyelenggarakan pemotongan dan penyaluran hewan qurban hari ini (25/9) di Kantor Pusat Bank Muamalat, Jakarta.
 
Sebanyak 203 ekor hewan qurban, terdiri dari 14 ekor sapi dan 189 ekor kambing/domba yang berasal dari manajemen dan karyawan Bank Muamalat serta pihak eksternal seperti mitra kerja dan masyarakat luas, akan disalurkan kepada kaum dhuafa, anak yatim dan korban bencana di seluruh Indonesia.

Acara bertema “Qurban 3 in 1, Bersama Raih Keberkahan Idul Adha 1436 H”, dimulai dengan penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Presiden Direktur Bank Muamalat Endy Abdurrahman kepada pihak BMM dan dilanjutkan dengan proses pemotongan hewan qurban.

"Sebagai pionir bank berbasis syariah di Indonesia, kami ingin tetap selalu hadir bagi masyarakat untuk memberikan yang terbaik meskipun di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang kini masih dalam keadaan volatile. Kehadiran kami melalui kegiatan qurban ini adalah bagian dari komitmen Bank Muamalat untuk mewujudkan kedekatan dengan masyarakat sekitar," jelas Presiden Direktur Bank Muamalat Endy Abdurrahman.

Keseluruhan hewan qurban ini akan disalurkan kepada lebih dari 20.000 penerima manfaat yang terdiri dari kaum dhuafa, korban bencana, dan anak yatim yang merupakan binaan Bank Muamalat dan BMM dalam program Dana Yatim,. Selain itu, distribusi ini akan dilakukan seluruh cabang Bank Muamalat di Indonesia.

“Kami juga berharap qurban ini akan selalu memberikan manfaat yang seluas-luasnya, tidak hanya bagi masyarakat sekitar, tetapi juga bagi saudara-saudara kita lainnya, seperti kaum dhuafa, yatim piatu dan korban bencana di seluruh Indonesia,” tambah Endy Abdurrahman.
 
Acara pemotongan hewan qurban ini merupakan bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) Bank Muamalat serta untuk memperkokoh eksistensinya sebagai bank syariah pertama di Indonesia yang dipercaya oleh para nasabah setianya.
 
Sepanjang 2014, saluran dana CSR Bank Muamalat berjumlah Rp 11,8 miliar yang terdiri dari zakat perusahaan tahun  buku 2013, zakat karyawan dan zakat bagi hasil tabungan serta deposito. Di tahun yang sama, Bank Muamalat menyalurkan dana zakat melalui empat Lembaga Amil Zakat (LAZ) sebesar 2,5% dari laba bersih setelah pajak, yaitu sejumlah Rp 11,89 miliar. BMM mendapatkan 70% dari penyaluran dana zakat Bank Muamalat di tahun 2014 dari total penyaluran zakat sebesar Rp 8,3 miliar.
 
Beberapa aktifitas CSR Bank Muamalat diantaranya adalah Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3) yang dikembangkan dalam bentuk Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) untuk mendorong pengembangan usaha mikro secara berkelanjutan. Dan di tahun berikutnya Bank Muamalat bersama BMM melakukan aktifitas CSR Gerakan Cinta Mesjid dengan tujuan menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, meningkatkan performance pengelolaan masjid menjadi lebih mandiri, makmur dan professional dan membangun hubungan antara masjid, jamaah dan masyarakat menjadi lebih solid.