Tentang Muamalat
Tentang Muamalat
CSR
Sep 29, 2016

Grand Launching Ambulance Terapung

Grand Launching Ambulance Terapung

PANGKEP—Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terus dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan akses kesehatan bagi masyarakat. Tercatat 19,1 juta keluarga tidak memiliki akses kesehatan dan sekitar 30.000 di antaranya adalah penduduk Sulawesi selatan.

Bank Muamalat bekerjasama dengan Dompet Dhuafa berupaya untuk mewujudkan tanggung jawab sosial yang terbaik kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.Dompet Dhuafa memiliki program layanan kesehatan yang mempermudah masyarakat kurang mampu memperoleh akses kesehatan gratis. Hingga pertengahan tahun 2016, tercatat lebih dari 2.700 penerima manfaat dhuafa layanan kesehatan.

Melalui kerjasama ini, Bank Muamalat telah membuktikan komitmennya terhadap dunia kesehatan melalui pemberiansebuah perahu dengan fasilitas kesehatan lengkap yang selanjutnya dapat disebut sebagaiAmbulance terapung untuk disalurkan ke daerah kepulauan yang di kelola oleh Dompet Dhuafa. Ambulance terapung adalah aksi nyata pemberian layanan kesehatan gratis bagi warga yang tinggal di daerah dengan akses sungai dan laut.

Pemilihan pangkep sebagai tempat ambulance terapung merupakan daerah kepulauan dengan akses perairan sebesar 11.464,44 Km2. Ambulance terapung beroperasi 24 jam perhari dan sejalan dengan program SIGAB (siaga bencana) yang di usung oleh Dompet Dhuafa untuk mengurangi tingkat kematian yang terjadi di daerah kepulauan terutama untuk kebutuhan maternity.

Melalui keberadaanAmbulance terapung ini, diharapkan dapat memaksimalkan masyarakat yang tinggal di daerah Pangkep untuk mendapatkan akses kesehatan yang mudah dan Masyarakat dapat ikut andil dalam upaya kesehatan, baik sebagai pelaksana program maupun peserta program kesehatan. Pemerintah sebagai penanggung jawab kesehatan tetap menjadi pemeran utama sehingga pelayanan kesehatan masih terintegrasi dengan pusat kesehatan yang lain.