Tentang Muamalat
Tentang Muamalat
Berita
Apr 04, 2016

Perbesar Bisnis Ritel Bank Muamalat Gandeng Arsenal FC

Bank Muamalat Indonesia (Muamalat) memulai tahun 2016 dengan melakukan upaya peningkatan size bisnis ritel sekaligus demi mendorong pertumbuhan pangsa pasar industri perbankan syariah di Indonesia.

Hal tersebut diwujudkan dengan menjalin kerja sama strategis bersama Arsenal Football Club (FC)-salah satu klub raksasa sepakbola Liga Inggris-melalui penandantanganan secara simbolis piagam kerja sama pada Kamis (14/1/2016) di Muamalat Tower, Jakarta.

Penandatanganan MOU ini dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman, pejabat eksekutif Bank Muamalat Purnomo B Soetadi, dan Director and Board Member of Arsenal Football Club for Asia  William Brown.

Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman mengatakan tidak hanya menjaring nasabah baru, namun kerja sama dengan Arsenal FC turut merefleksikan komitmen Muamalat untuk menjadikan bank syariah sebagai opsi perbankan utama bagi masyarakat dan tidak lagi sekadar alternatif layanan perbankan.

“Hal ini sekaligus kesempatan kami dalam menuju peringkat 10 bank terbesar di Indonesia pada tahun 2025,” ujar Endy.

Sebagai salah satu klub sepakbola profesional Inggris ternama, Arsenal FC, dinilai memiliki basis pendukung kuat di Tanah Air, yaitu Arsenal Indonesia Supporter Club (AIS) yang beranggotakan lebih dari 14.000 peserta dan memiliki lebih dari tiga juta penggemar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini menjadikan Arsenal FC sebagai mitra strategis bagi Bank Muamalat, yaitu sebagai bank syariah pertama yang berkolaborasi dengan klub sepakbola Inggris, untuk mendukung performa pertumbuhan dana ritel.

“Kami terus berupaya mengandalkan penghimpunan dana dari nasabah ritel untuk memperoleh sumber pendanaan yang lebih stabil bagi penyaluran pembiayaan dengan biaya pendanaan yang lebih rendah. Kolaborasi dengan Arsenal FC merupakan bagian dari strategi kami untuk menyempurnakan struktur komposisi dana pihak ketiga (DPK) ritel, khususnya dengan meningkatkan porsi dana murah,” jelas pejabat eksekutif Bank Muamalat Purnomo B Soetadi pada kesempatan yang sama.

Hingga Desember 2015 lalu himpunan DPK Bank Muamalat telah mencapai Rp45 triliun dengan komposisi perolehan CASA (dana murah) sebesar 38,44% dan time deposit sebesar 61,56%. Sejalan dengan fokus bisnis 2016, Bank Muamalat menargetkan pertumbuhan DPK senilai Rp 4 triliun dari akhir 2015 dengan komposisi dana murah sebesar 42%.

Kerja sama yang berlangsung hingga Mei 2018 ini akan ditandai dengan peluncuran produk kartu debit co-branding Bank Muamalat dengan Arsenal FC pada pertengahan 2016 mendatang.

“Dari kerja sama tersebut, nasabah dapat memperoleh benefit berupa merchandise asli yang telah ditandatangani pemain Arsenal FC dan kesempatan menonton pertandingan langsung Liga Premier Inggris di Emirates Stadium, London,” ucap Purnomo.

Sumber: http://wartaekonomi.co.id/berita87075/tingkatkan-dpk-ritel-bank-muamalat-gandeng-arsenal-fc.html (15 Januari 2016)

Baca Juga :