Tentang Muamalat
Tentang Muamalat
Berita
Apr 28, 2015

Muamalat Raih Predikat Leading Partner Bank Indonesia Dari ADB

Bank Muamalat Indonesia kembali mendapat pengakuan internasional dalam acara Trade Finance Program Award Ceremony di Singapura
 
Jakarta, 28 April 2015 – Bank Muamalat Indonesia (“Bank Muamalat”) berhasil meraih predikat sebagai Leading Partner Bank in Indonesia yang diberikan oleh Asian Development Bank (ADB) melalui Trade Finance Program. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Head of ADB Trade Finance Program Steven Beck kepada Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman dalam acara Trade Finance Program Award Ceremony yang diadakan di Singapura, 22 April 2015. Direktur Bisnis Korporasi Bank Muamalat Indra Yurana Sugiarto, juga turut mendampingi Direktur Utama untuk menghadiri acara seremonial ini.
Sejalan dengan perkembangan bisnis, trade finance Bank Muamalat melakukan pemasaran yang lebih agresif dengan menugaskan unit khusus yang menangani nasabah trade finance. Langkah tersebut membuahkan hasil positif bagi Bank Muamalat dengan layanan trade finance yang mencatatkan pendapatan mencapai Rp107,37 miliar pada penghujung 2014. Sedangkan pada kuartal I 2015, pendapatan fee based dari transaksi trade finance telah mencapai Rp23,25 miliar dari target yang ditetapkan awal tahun sebesar Rp150 miliar.
“Apresiasi dari tingkat internasional ini semakin mengukuhkan posisi Bank Muamalat sebagai bank yang memberikan kemudahan akses bagi nasabah. Kedepannya, kami mengharapkan kerjasama yang terbentuk dengan ADB dapat terus meningkatkan volume bisnis transaksi ekspor impor dan dapat membantu nasabah, khususnya yang memiliki komoditas dagang yang potensial, serta mendorong peningkatan perdagangan nasional,” ujar Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman.
Tidak berhenti hanya sebatas mendorong transaksi trade finance, Bank Muamalat turut meningkatkan diversifikasi pendapatannya melalui aktivitas yang berdasarkan pendapatan fee based. Pada segmen bisnis korporasi, pendapatan fee based berasal dari aktivitas perbankan internasional melalui layanan trade finance, cash management, remittance dan payroll.

Tentang Trade Finance Program
Trade finance program (TFP) merupakan program yang digagas oleh Asian Development Bank (ADB) untuk memberikan jaminan dan pinjaman ke bank guna mendukung perdagangan global. ADB TFP bekerjasama dengan lebih dari 200 Bank untuk memberikan dukungan keuangan kepada perusahaan dengan bidang kegiatan ekspor dan impor di kawasan Asia. Kemudian, TFP Award Ceremony diselenggarakan sebagai pengakuan atas kontribusi mitra kerja ADB melalui bisnis trade finance. Adapun metode penilaian didasarkan pada jumlah transaksi trade yang dilakukan bank melalui ADB TFP.

Baca Juga :