Tentang Muamalat
Tentang Muamalat
Berita
Jun 10, 2016

Muamalat Luncurkan Kerjasama Strategis dengan PP Muhammadiyah

Muamalat Luncurkan Kerjasama Strategis dengan PP Muhammadiyah

Kerjasama pemanfaatan line facility pembiayaan Bank Muamalat oleh PP Muhammadiyah senilai Rp 1 Triliun

Yogyakarta, 10 Juni 2016 – Bank Muamalat Indonesia (“Bank Muamalat”) dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meluncurkan kerjasama strategis dalam bidang Penggunaan Produk dan Jasa Layanan Perbankan yaitu mencakup pemanfaatan line facility pembiayaan Bank Muamalat oleh Muhammadiyah hingga limit Rp 1 triliun secara bertahap. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU), dilangsungkan hari ini (10/6), di Kantor Pusat PP Muhammadiyah, Yogyakarta.

Melalui kerjasama strategis ini, kedua belah pihak berharap pembiayaan ini dapat memberi manfaat bagi keduanya. Dalam waktu dekat, Muhammadiyah berencana membangun rumah sakit di Semarang, pembelian rumah sakit, dan pembangunan perguruan tinggi di Jakarta.

Kerjasama ini diluncurkan demi memantapkan komitmen perusahaan dalam hal perluasan pemanfaatan produk dan jasa Bank Muamalat, serta merupakan bentuk sinergi kedua belah pihak yang memiliki pangsa pasar yang sama. Fokus utama kerjasama ini pun berada di bidang pembiayaan, perbankan, pendidikan serta kesehatan.

Saat ini, kerjasama Bank Muamalat dengan PP Muhammadiyah telah berjalan di sisi funding dan financing yakni berupa pembuatan virtual account untuk pembayaran biaya perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah UHAMKA, Muhammadiyah Sukabumi. Akademi Keperawatan Universitas Muhammdiyah Makassar, STIKIP Sorong, Universitas Muhammdiyah Sumatera Barat, Universitas Muhammdiyah Ponorogo, pembiayaan untuk Universitas Muhammadiyah UHAMKA Jakarta senilai Rp 85 miliar dan pembukaan rekening pribadi beberapa pengurus dan anggota Muhammadiyah.

Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari inisiatif strategis Bank Muamalat di tahun 2016. “Melalui peuncuran kerjasama semacam ini, kami sangat optimis beragam fasilitas di bidang pembiayaan dan

 

 

perbankan Bank Muamalat dapat dimaksimalkan di masa-masa mendatang. Muhammadiyah adalah salah satu organisasi besar Islam di Indonesia. Oleh karena itu kami berharap kesepakatan ini dapat meningkatkan sinergi diantara kedua belah pihak secara berkesinambungan,” kata Endy.

Lingkup kerjasama lainnya yang diluncurkan melalui penandatanganan MoU ini adalah: pemanfaatan produk simpanan Bank Muamalat oleh Muhammadiyah berupa giro, tabungan, deposito, tabungan co-branding, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Bank Muamalat. Bentuk kerjasama ini juga menyertai penggunaan layanan virtual account, cash management system, serta produk dan layanan perbankan yang bermanfaat bagi Muhammadiyah.

***

Baca Juga :