Tentang Muamalat
Tentang Muamalat
Berita
Apr 08, 2018

Gandeng Baznas, Bank Muamalat Hadir di Yogyakarta Berikan Pelatihan Manajemen Serentak ke 400 Masjid

Yogyakarta, 8 April 2018 – Sebagai lanjutan rangkaian Pelatihan Manajemen Masjid dan pembukaan 1,000 rekening Masjid di Jawa Tengah, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat”) kembali menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Masjid yang ke-3 di Yogyakarta setelah sukses dengan 300 Masjid di Tegal dan 773 Masjid di Kabupaten Pekalongan. Kali ini, Bank Muamalat bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dewan Masjid Kota Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan yang bertema "Masjid Megah, Jamaah Indah, Dana Melimpah" dan mengundang 400 ketua Takmir se-kota Yogyakarta.



Purnomo B. Soetadi, Direktur Retail Banking Bank Muamalat menyatakan “Alhamdulillah setelah Tegal dan Pekalongan, kini kami hadir memberikan pelatihan manajemen masjid di Yogyakarta, total saat ini sudah lebih dari 1,000 masjid yang kami berikan pelatihan. Nanti akan berlanjut ke 3 kota lain seperti Purwokerto, Sragen dan Semarang. Pelatihan manajemen masjid ini kami lakukan sesuai dengan proposisi Bank Muamalat untuk mengembangkan dan memakmurkan masjid, di awal tahun 2018 ini kita fokus dulu di kota-kota besar Jawa Tengah, Insya Allah nanti merambah ke provinsi lain”.



Masjid Jogokariyan Yogyakarta, masih menjadi masjid yang dipilih untuk menjadi rujukan pelatihan manajemen masjid se-Indonesia yang terbukti memiliki berbagai program dan kegiatan yang selaras dalam rangka memakmurkan masjid. Selain itu Bank Muamalat memberikan solusi keuangan perbankan syariah sebagai upaya untuk memakmurkan masjid. Memakmurkan masjid berkaitan erat dengan tata laksana manajemen keuangan, sementara itu, pada umumnya warga yang ditunjuk sebagai pengurus masjid tidak terlalu paham bagaimana mengelola keuangan.

   

Program lain yang dilakukan dalam kegiatan pelatihan tersebut diantaranya pengenalan aplikasi smart-MASJID sebagai sarana digital dalam penerimaan donasi pelaporan zakat, infak, sedekah (ZIS) menuju masjid yang akuntabel dan semakin amanah, Bank Muamalat juga melaksanakan program BPJS Ketenagakerjaan bagi marbot yang akan dibayarkan preminya selama satu tahun yang merupakan bagian dari kegiatan CSR perusahaan.



Sebagai institusi yang kuat di segmen perbankan syariah, Bank Muamalat juga akan melakukan penandatanganan MoU kemitraan Haji antara Bank Muamalat dengan pihak masjid, dimana masjid kemudian akan menjadi mitra pemberi referral Haji ke Bank Muamalat. Purnomo menambahkan “Di kantor pusat kami di Muamalat Tower lantai 19, kami siapkan layanan khusus Haji dan Umrah, dimana Jema’ah bisa melakukan manasik gratis. Calon Jema’ah yang berencana akan menarik sejumlah uang selama di tanah suci akan dimudahkan dengan menu berbahasa Indonesia di setiap ATM Al Rajhi yang merupakan salah satu bank dengan jaringan terluas, keuntungan lain setiap pembelanjaan menggunakan kartu debit Bank Muamalat akan mendapatkan keuntungan diskon 10% selama berada di tanah suci”. Ujar Purnomo.

Baca Juga :