Tentang Muamalat
Tentang Muamalat
Berita
Apr 04, 2016

Bank Muamalat Incar Porsi Dana Murah 45% di 2016

PT Bank Muamalat Indonesia, perbankan umum dengan prinsip syariah, mengincar porsi dana murah (CASA) pada tahun ini mencapai 45% terhadap total dana pihak ketiga (DPK). Perseroan mengaku optimistis dapat mencapai target tersebut seiring dengan hadirnya layanan mobile banking, atau Muamalat mobile.

Endy Abdurrahman, Presiden Direktur Bank Muamalat, mengatakan saat ini porsi CASA sebesar 40%. Meski demikian, dia enggan merinci besaran komposisi pertumbuhan pada tabungan maupun deposito.

"Tabungan masih yang terbesar kontribusinya dan pertumbuhannya. Kami proyeksikan dana murah bisa naik sekitar 5%, berkat adanya layanan mobile banking yang baru diluncurkan," ujar Endy kepada IFT di kantornya, kemarin.

Secara terpisah, Purnomo B Soetadi, Direktur Retail Banking Bank Muamalat, menyampaikan cara meningkatkan portofolio tabungan dengan menambah jumlah transaksi. Untuk memuluskan aksi tersebut, salah satunya dari peran mobile banking.

Menurut Purnomo, manfaat lain layanan ini juga diharapkan dapat menambah satu juta nasabah pada sepanjang 2016, dari yang sudah ada sekitar 4,5 juta nasabah. Meski demikian, penetrasi terbesar dari transaksi electronic channel (e-channel) perseroan, katanya, masih berasal dari ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

"Terbesar di e-channel, yaitu ATM. Berikutnya SMS banking, internet banking, dan yang terbaru adalah mobile banking. Akan tetapi, ke depan tentu akan berubah seiring kemajuan teknologi dan kebiasaan nasabah sehingga mungkin bukan lagi dari ATM yang terbesar, melainkan bisa yang lainnya," terang dia.

Selain itu, Purnomo menyampaikan, peningkatan pendapatan operasional non bunga (fee based income) diproyeksikan meningkat 45%. Hal ini pun, lanjutnya, sesuai dengan yang ditetapkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) Bank Muamalat 2016.

"Angka persisnya menunggu paparan publik (public expose). Yang pasti, kontribusi pertumbuhan fee based dari adanya tiga produk bancassurance, kemudian transaksi e-channel, dan sisanya melalui konvensional," tambah Purnomo.(*)

Sumber: http://www.ift.co.id/news/finansial/bank/bank-muamalat-incar-porsi-dana-murah-45-di-2016 (26 Februari 2016)

 

Baca Juga :