Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Feb 28, 2018

Tips Menabung Efektif

Tips Efektif dalam Menabung

Bagi sebagian orang menabung merupakan cara yang efektif untuk menyisihkan pendapatan, menabung menjadi alternatif untuk menyimpan dana bagi keperluan di masa mendatang ataupun bentuk investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Namun bagi sebagian lagi menabung rasanya tampak sulit dengan berbagai macam kebutuhan dan keinginan yang sulit untuk dihindari. Untuk itu hal ini perlu disiasati sehingga niat menabung tetap dapat direalisasikan. Kali ini Bank Muamalat akan membagigan tips efektif dalam menabung, untuk itu mari simak beberapa tips-nya berikut ini :

 

  1. Niat kuat untuk menabung

Motivasi dalam menabung harus dimulai dari diri sendiri dan hal ini harus didahului dengan niat yang kuat dan bulat sehingga selanjutnya anda akan dapat konsisten untuk terus menabung. Tanpa niat yang kuat maka keinginan menabung anda akan sulit untuk direalisasikan.

 

  1. Tentukan jumlah uang yang akan ditabung dan sisihkan saat awal gajian

Selanjutnya anda perlu menentukan jumlah dan besaran yang akan anda tabung setiap bulannya. Idealnya anda dapat menyisihkan 10% dari jumlah penghasilan anda setiap bulannya dan tentukan jumlah ini di awal saat anda memperoleh gaji setiap bulannya sehingga peruntukan dana tersebut dapat tetap diprioritaskan untuk ditabung. 

 

  1. Berfikir sebelum membeli sesuatu

Hal yang tidak kalah penting adalah befikir terlebih dahulu mengenai barang-barang yang akan anda beli, apakah anda benar-benar membutuhkannya atau hanya sekedar lapar mata. Semakin anda berfikir sebelum membeli suatu barang maka hal ini akan membantu anda untuk lebih hemat dalam membelanjakan uang anda.

 

  1. Buka rekening tabungan pribadi

Jika anda ingin menabung maka anda akan sangat membutuhkan rekening tabungan pribadi yang dapat anda manfaatkan sebagai media untuk menyimpan dan menyisihkan dana anda setiap bulannya. Menyimpan dana dalam tabungan lebih aman ketimbang menyimpan dana tunai dalam bentuk fisik karena menghindarkan anda untuk langsung membelanjakannya.

 

Demikian tips efektif dalam menabung yang dapat anda coba. Jika anda berencana membuka rekening tabungan, maka anda dapat membuka tabungan di Bank Muamalat. Tabungan Bank Muamalat memiliki berbagai pilihan untuk kebutuhan anda termasuk kebutuhan dalam menabung. Syarat untuk membuka rekening tabungan cukup mudah yaitu sudah berumur 17 tahun dan memiliki kartu tanda pengenal.

 

 

Baca Juga :