Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Nov 15, 2018

Sering Belanja Online? Yuk Simak Tips Keamanan Bertransaksi Secara Online (Jual Beli Online) Berikut!

Assalaamu’alaikum Bmers!  

Di zaman teknologi yang sudah berkembang saat ini, tentu banyak sekali hal yang dipermudah dengan perkembangan tersebut. Salah satunya kemudahan dalam berbelanja yang dalam istilah saat ini disebut belanja online. Disebut mudah karena kamu cukup melakukan transaksi dari rumah tanpa perlu datang langsung ketoko yang dimaksud, selain itu kamu hanya perlu smartphone mu untuk melakukan transaksi dalam hitungan menit.

 

Namun, selain mudah dan nyaman, apakah berbelanja dan bertransaksi online pun menjamin keamanan bagi pelaku transaksi (terutama pembeli)? Nah, berikut kami sampaikan beberapa  tips keamanan bagi nasabah dalam bertransaksi (jual beli) secara online Antara lain:

 

1. Pastikan keamanan komputer dan ponsel

Kejahatan cyber tidak hanya berkutat pada penipuan transaksi online, tapi juga pada pencurian data-data pribadi secara elektronik. Pelaku kejahatan dapat memanfaatkan phishing untuk mencuri data-data nasabah melalui malware atau virus yang tersembunyi pada komputer atau ponsel nasabah. Pastikan computer dan ponsel telah terproteksi dengan anti virus.

Selain itu lakukan transaksi internet banking dengan menggunakan komputer pribadi atau komputer rumah. Jika melakukannya dari komputer kantor atau komputer umum lainnya, maka bisa menimbulkan risiko penyalahgunaan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

 

2. Be a Smart Buyer

Semakin berkembangnya teknologi menuntut seseorang untuk semakin pintar memilah dan memilih informasi mana yang memang tepat dan benar. Sebagai konsumen yang senang bertransaksi online, pastikan juga mewaspadai segala tindakan yang sekiranya mencurigakan. Jangan mudah tergoda dengan promo-promo harga murah yang tidak masuk akal. Jika memang kurang meyakinkan, akan lebih baik jika anda tidak membeli barang tersebut.

Kewaspadaan adalah langkah awal untuk melindungi diri. Jadi, jangan ragu juga untuk mencari tahu modus-modus kejahatan transaksi online agar mampu mencegah hal ini terjadi pada diri sendiri maupun orang-orang terdekat

 

3. Kenali Reputasi Toko Online

a. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja

Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja di situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi. Pastikan bahwa web yang anda kunjungi aman, yang ditandai dengan gambr berupa gembok dibaris status (status bar) browser.

 

b. Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Anda. Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu

 

c. Pastikan jika tempat yang anda pilih tersebut memiliki reputasi yang baik. Anda bisa mencari tahu dari latar belakang toko online tersebut hingga testimoni dari konsumen sebelumnya. Hal ini merupakan poin dasar ketika anda ingin aman dan nyaman saat berbelanja online

 

4. Pembayaran Melalui Rekening Penampungan Sementara

Cara aman lainnya yang dapat dilakukan saat bertransaksi online adalah dengan menggunakan rekening bersama atau rekening penampungan sementara. Saat ini situs-situs belanja online memberlakukan hal ini dalam sistem pembayarannya, yang mana anda akan mentransfer uang kepada pihak penengah dan kemudian penjual akan mengirimkan barang anda.

 

5. Pilih Metode COD (Cash On Delivery)

Sistem pembayaran COD atau Cash On Delivery merupakan sistem dimana pembayaran akan dilakukan ketika telah menerima barang dari kurir pengiriman. Sehingga saat barang sampai, maka Anda akan membayarnya di tempat. Cara ini terbilang aman, sehingga anda baru membayarkan barang ketika barang sudah sampai dengan aman di tangan.

 

Baca Juga :