Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Aug 31, 2018

Mau tau tentang Bagi Hasil Bank Syariah pada Tabungan dan Perhitungannya? Yuk, cek disini!

Assalaamu’alaikum Bmers!

 

Saat ini Bank Syariah sudah lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Nah diantara kalian pasti sudah tidak asing lagi, bahkan sudah banyak yang memiliki rekening tabungan di Bank Syariah. Untuk rekening tabungan sendiri terdapat istilah nisbah Bagi Hasil. Penasaran bagaimana perhitungannya? Untuk lebih jelasnya yuk simak terlebih dahulu rumus perhitungannya sebagai berikut :

 

 

Bagi Hasil Nasabah = Rata-rata Dana Nasabah x HI-1000 X Nisbah Nasabah

                                                       1000                                                 100

 

Dari perhitungan diatas terdapat beberapa istilah antara lain:

 

HI-1000

HI-1000 adalah angka yang menunjukkan hasil investasi yang diperoleh dari penyaluran setiap seribu rupiah dana yang diinvestasikan oleh bank. (angka ini setiap hari mengalami pnyesuaian dan dapat dicek langsung melalui pihak Bank)

 

Nisbah

Nisbah adalah porsi/bagian yang menjadi hak masing-masing pihak antara bank dan nasabah.

 

Dari penjelasan dan rumus perhitungan bagi hasil diatas, yuk kita coba hitung melalui contoh berikut : Misal nasabah memiliki saldo tabungan sebesar Rp 100.000.000,- dengan HI-1000 sebesar 6,58 dan Nisbah Nasabah sebesar 5. Maka contoh Perhitungan Bagi Hasil Tabungannya adalah sebagai berikut :

 

Bagi Hasil = Rp 100.000.000,- x 6,58 x   5      =  Rp 32.900,-

                                1000                            100

 

Sehingga bagi hasil tabungan nasabah selama 1 bulan adalah sebesar Rp 32.900,- (Tiga Puluh Dua Ribu Sembilan Ratus Rupiah). Demikian perhitungan Bagi Hasil pada tabungan, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan tips keamanan bertransaksi, produk perbankan, layanan perbankan, dan informasi lain seputar Bank Muamalat Indonesia di Facebook/Twitter/Instagram

 

Baca Juga :