Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Feb 15, 2017

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Merencanakan Keuangan di Tahun Baru

 

kali ini kita akan membahas mengenai Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Merencanakan Keuangan di Tahun Baru. Yuk simak pembahasannya dibawah ini!

 

Awal tahun menjadi salah satu waktu berefleksi, dan bersiap menghadapi daftar pencapaian kesukseskan kita di masa mendatang. Ada banyak hal yang belum tercapai, dan ada banyak juga hal yang menjadi pertimbangan; seperti terbatasnya sumber daya, dan faktor resiko dalam mencapai keinginan kita tersebut.

Kali ini Bank Muamalat Indonesia akan membahas beberapa faktor yang harus diperhatikan, untuk bisa dijadikan acuan untuk merencanakan program keuangan.

 

1. Refleksi, lalu tentukan target atau resolusi keuangan

Untuk bisa melangkah maju ke depan, Anda harus memperhatikan kondisi keuangan kita sehari-hari. Bagaimana manajemennya, apakah sudah cukup dengan yang Anda butuhkan, atau merasa ada sesuatu yang kurang? Melihat kondisi real keuangan adalah hal pertama yang harus diperhatikan karena menjadi penentu dalam membuat panduan resolusi keuangan Anda.

Setiap individu tentunya memiliki resolusi, sumber daya berbeda, dan skala pencapaian yang berbeda juga. Bisa saja pada tahun ini, hal yang ingin dicapai adalah ibadah (Umrah & Haji) link to: http://www.bankmuamalat.co.id/tabungan-consumer/tabungan-ib-muamalat-haji-dan-umrah, membuka usaha yang membutuhan pembiayaan (link to http://www.bankmuamalat.co.id/pembiayaan-consumer/), membeli rumah (link to http://www.bankmuamalat.co.id/pembiayaan-consumer/kpr-ib-muamalat), prioritas pendidikan, atau juga traveling bersama keluarga (link to: http://www.bankmuamalat.co.id/tabungan-consumer/tabungan-ib-muamalat-rencana). Hal yang harus dipastikan adalah semua resolusi haruslah yang mudah dicapai dan terukur.

 

2. Atur kebutuhan dan jangka waktu

Dari resolusi yang sudah diterapkan, kemudian Anda baru bisa mengetahui berapa besar nilai untuk mencapainya dan berapa lama Anda dapat mencapai tujuan tersebut. Setelah itu, Anda bisa mensiasati keuangan sesuai waktu yang diperlukan. Misalnya dengan menabung menyisihkan setiap bulan (link to: http://www.bankmuamalat.co.id/tabungan-consumer/), atau mendapatkan dana pembiayaan (link to http://www.bankmuamalat.co.id/pembiayaan-consumer/) agar resolusi tersebut tercapai dengan konsisten.

Saat ini Bank Muamalat Indonesia sedang mengadakan program Modal Kerja 36 Bulan, yang berlaku 3 Januari – 30 Juni 2017. Untuk informasi selanjutnya hubungi SalaMuamalat 1500016.

 

 

3. Bangun komitmen, transparansi, & percaya

Dalam merealisasikan resolusi keuangan Anda, diperlukan komitmen tinggi untuk dapat meraihnya dengan maksimal, sesuai dengan jangka waktu yang sudah Anda set sebelumnya. Jika Anda menerapkan system menabung setiap bulannya, tentu akan lebih cepat tercapai jika Anda konsisten dan disiplin kepada diri sendiri. Jangan biarkan lengah dan tidak tercatat setiap implementasi yang Anda laksanakan. Dalam skala kecil, Anda dapat berdiskusi dengan pasangan atau kelularga untuk saling menjaga terwujudnya tujuan bersama. Untuk Anda yang memiliki resolusi bisnis, Anda dapat berkonsultasi dengan Ahli atau Lembaga Keuangan Bank Muamalat Indonesia

(link to : http://www.bankmuamalat.co.id/muamalat-investment-service).

 

 

Demikian penjelasan singkat mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan keuangan di tahun baru oleh PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, semoga dengan penjelasan tersebut menambah khasanah atau informasi yang membantu kebutuhan Masyarakat Indonesia dalam melaksanakan kegiatan perbankan syariah sehari-hari. Dapatkan informasi lain seputar Bank Muamalat Indonesia, di nomor telepon SalaMuamalat 1500016, atau Facebook/Twitter/Instagram (link to Social media) PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk.

 

Overview:

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dinobatkan sebagai Best Islamic Bank in Indonesia 2009 oleh Islamic Finance News (Kuala Lumpur), sebagai Best Islamic Financial Institution in Indonesia 2009 oleh Global Finance (New York) serta sebagai The Best Islamic Finance House in Indonesia 2009 oleh Alpha South East Asia (Hong Kong).