Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Mar 31, 2018

Gaya Hidup Hemat Untuk Masa Depan

 

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Hemat Pangkal Kaya”. Istilah tersebut memang terbukti bukan hanya sekedar istilah namun jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan berdampak positif bagi aspek kehidupan kita.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini tentu setiap orang akan semakin mudah mengakses berbagai informasi termasuk informasi mengenai berbagai jenis kebutuhan hidup. Dengan kemudahan informasi dan akses tersebut tentu masyarakat dapat memiliki kecenderungan untuk lebih konsumtif sehingga hal ini perlu dicermati agar tidak mengalami istilah “Besar Pasak dari pada Tiang” yang artinya pengeluaran lebih besar dibanding dengan pemasukan.

 

Untuk menyiasati hal ini maka diperlukan Cara hidup yang lebih hemat dan terkontrol sehingga setiap pengeluaran dapat diatur dengan lebih seksama. Hemat sendiri berarti  hati-hati dalam menggunakan uang, barang dan lain sebagainya, sehingga tidak menimbulkan pemborosan. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar menjadi lebih hemat antara lain sebagai berikut :

 

  1. Puasa

Puasa adalah salah satu alternatif yang sangat patut untuk dicoba karena sudah terbukti memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun bagi kehidupan kita sehari hari, contohnya ketika berpuasa maka kita bisa menghemat pengeluaran untuk makan semisal untuk 3 kali menjadi hanya untuk 2 kali makan yaitu sahur dan berbuka. Selain itu puasa juga dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

  1. Membuat skala prioritas

Dengan membuat skala prioritas maka kita dapat memfokuskan hal yang paling penting untuk dibeli maupun dikonsumsi sehingga hal-hal yang bukan menjadi prioritas dapat kita kesampingkan untuk bisa lebih hemat dalam menyikapi pengeluaran harian, mingguan maupun bulanan.

 

  1. Membuat anggaran belanja bulanan

Membuat anggaran belanja bulanan sangat penting untuk membuat target bulanan pengeluaran yang jelas dan. Artinya kita mengunci total pengeluaran bulanan sesuai dengan kebutuhan prioritas terlebih dahulu dengan jumlah yang sudah kita tetapkan diawal sehingga pengeluaran menjadi lebih terkontrol.

 

  1. Hindari berhutang

Dengan semakin besarnya arus teknologi dan informasi mengenai berbagai barang konsumtif saat ini membuat kita tergoda untuk bisa membeli barang-barang tersebut meskipun harus berhutang. Hal ini perlu dihindari agar tidak menyebabkan pembengkakan pada anggaran yang sudah kita tetapkan.

 

  1. Rajin menabung

Menabung juga merupakan solusi yang baik untuk hidup hemat dan perlu untuk ditetapkan secara berkala. Ada pepatah “sedikit-sedikit menjadi bukit” dapat diterapkan dengan rajin menabung. Anggaplah uang yang kita tetapkan untuk ditabung seperti semacam “uang hilang” sehingga kita tidak tergoda untuk mengambilnya kecuali pada kondisi terdesak. Sudah banyak sekali diluar sana jasa perbankan yang menawarkan berbagai jenis tabungan sehingga anda tinggal memilih jenis tabungan yang memang sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk tabungan sendiri saat ini Bank Muamalat juga memiliki beragam jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan anda. Informasi mengenai Tabungan Bank Muamalat juga bisa anda cek disini. Persyaratan pembukaan Tabungan Bank Muamalat juga cukup mudah yaitu dengan melampirkan KTP & NPWP asli serta setoran awal sebesar 100 ribu rupiah. Nah mualai sekarang anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menabung.

 

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan untuk dapat menjalankan gaya hidup hemat untuk masa depan, semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk anda yang ingin hidup hemat.

Baca Juga :