Consumer & Retail Banking
Consumer & Retail Banking
Artikel
Nov 21, 2018

Cara Menghindari Penipuan Berkedok Bank

Assalaamu’alaikum Bmers!

Pernah dapat penawaran produk via media social/jejaring social mengatasnamakan Bank? Sudah yakin, yang menyampaikan penawaran memang karyawan Bank?

 

Saat ini, tanpa kita sadari, kita suka menyebarkan informasi Pribadi mulai dari nomor telephone sampai nama lengkap anggota keluarga di media social. Informasi inilah yang digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan modus kejahatan.

 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar kamu terhindar dari penipuan berkedok bank:

 

1. Pastikan data pribadi tidak tersebar melalui media sosial

Saat ini media sosial sudah menjadi media yang hampir dimiliki semua orang. Setiap individu dapat mempublikasikan apapun melalui media sosial misalnya pekerjaan, lokasi tinggal, hobi, foto-foto keluarga dan sebagainya. Namun perlu diingat bahwa kamu perlu menjaga data-data pribadi tersebut misalnya alamat tempat tinggal, nomor HP, alamat kantor dan sebagainya agar data-data maupun informasi tersebut tidak disalahgunakan untuk penipuan. Oleh karena itu, pastikan  tidak ada nomor telephone, nomor kartu ATM, maupun informasi Pribadi lainnya terkait data keuangan/perbankan yang disebarkan melalui media social .

 

2. Lebih berhati-hati dalam memberikan data pribadi dan informasi anggota keluarga melalui media sosial

Sama seperti pemaparan sebelumnya, kamu juga harus lebih waspada dalam memberikan data-data pribadimu termasuk data dan informasi mengenai anggota keluargamu, karena bisa saja anggota keluargamu menjadi incaran penipuan berkedok bank diluar sana. Kita harus lebih berhati-hati dalam menyebarkan data/informasi anggota keluarga di media social.

 

3. Jangan mudah percaya jika menerima telepon dari nomor tidak dikenal untuk konfirmasi data

Dalam berbagai kesempatan penipu juga melakukan modus penipuannya dengan menghubungi nomor telepon kamu dan mengaku sebagai pihak bank untuk memberikan hadiah tertentu. Namun sebaiknya kamu lebih waspada, apabila memang telepon tersebut tidak dikenal dan mencurigakan sebaiknya diabaikan. Jangan mudah percaya jika menerima telephone dari nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan bank atau pihak lain untuk konfirmasi data, menanyakan data Pribadi, data perbankan, maupun menawarkan produk dan menjanjikan hadiah yang diragukan kebenarannya.

 

 

 

 

Baca Juga :